. . .

Thursday, October 12, 2017

Jatim Park 2 Batu Malang – Tempat Wisata Untuk Rekreasi dan Belajar



Jatim Park 2 di Batu Malang merupakan tempat wisata yang cocok untuk mempelajari berbagai satwa maupun lingkungan.


Jatim Park 2 Batu Malang – Tempat Wisata Untuk Rekreasi dan Belajar - Jatim Park 2 yang berada di Kota Batu Malang saat ini termasuk dalam salah satu tempat rekreasi yang sangat terkenal di Jawa Timur, sehingga menjadi salah satu icon wisata provinsi tersebut. Popularitas dari Jatim Park 2 ini membuat objek wisata tersebut selalu ramai pada akhir pekan atau hari libur, bahkan pada hari biasapun kunjungan wisatawan masih cukup membludak hingga saat ini.

Jatim Park saat ini direncanakan hingga Jatim Park 4, dimana Jatim Park 1 lebih dikhususkan sebagai taman bermain, sedangkan Jatim Park 2 dapat menjadi tempat belajar sekaligus bermain, yang lebih menonjolkan dunia binatang. Untuk Jatim Park 3 dan Jatim Park 4, masih dalam tahap perencanaan, namun dari kabar yang beredar, Jatim Park 3 akan menggunakan konsep seperti Jurassic Park. 

Kembali ke Jatim Park 2, tempat wisata di Batu Malang ini memang dikhususkan sebagai tempat belajar dimana para pengunjung dapat mempelajari mengenai satwa yang ada pada lokasi atau habitat yang sesuai dengan habitat satwa tersebut. Bangunan-bangunan yang ada di Jatim Park 2 juga dibuat seunik mungkin dimana yang paling mencolok adalah Museum Satwa yang dibuat seperti sebuah istana yang megah serta Hotel Pohon Inn yang merupakan hotel dengan bangunan menyerupai pohon raksasa.

Di Jatim Park 2 terdapat 3 area utama yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan diantaranya Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. Di Batu Secret Zoo, pengunjung serasa berkunjung ke Kebun Binatang, dengan hewan-hewan yang beraneka ragam di habitat buatan yang menyerupai habitat aslinya. Sedangkan di Museum Satwa, pengunjung dapat melihat berbagai macam hewan yang diawetkan dan dipajang di dinding serta ada juga dalam bentuk diorama. Sedangkan Eco Green Park menggunakan konsep Green Earth, yang mengajarkan para pengunjung tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan barang-barang bekas dan sebagainya.

Selengkapnya mengenai Jatim Park 2 mulai dari asal usul atau konsep dibalik pembangunannya, lokasi disertai peta Google Map, harga tiket masuk, fasilitas yang tersedia, hingga koleksi foto di Jatim Park 2 Batu Malang diulas dalam blog nnoart di bawah ini.


Sekilas Tentang Jatim Park 2

Seperti yang tertera di situs Jatim Park Group, semua theme park dari Jatim Park Group menjadikan Punakawan (kisah wayang Jawa) sebagai inspirasi. Jatim Park Group ingin mengingatkan siapapun pengunjung yang datang agar jangan lupa untuk tertawa saat menikmati hidup di tengah kesibukan. Mengikuti tawa, kerendahan hati serta tawa yang ada dalam diri Semar, Gareng, Bagong dan Petruk (Punakawan).

Jatim Park 2 sendiri menempati lahan seluas 22 hektar, bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Beberapa penghargaan dari TripAdvisor untuk Jatim Park 2, diantaranya adalah untuk Batu Secret Zoo berupa Top #5 Best Zoo in Asia 2014, #9 Best Destinations Sites in Asia 2015 dan #1 Certificate of Excellence Service 2016 serta untuk Eco Green Park mendapatkan Certificate of Excellence 2016. Rekor MURI berkumpulnya Mercedes Benz terbanyak se-Indonesia (125 mobil) juga dilaksanakan di Jatim Park 2.

Lokasi

Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro Oro Ombo No. 9, Kota Batu, Jatim, yang lokasinya berada diantara BNS (±1,1 km) dan Jatim Park 1 (±800 meter).  Jatim Park 2 hanya berjarak sekitar 2,7 km di sebelah selatan dari pusat kota Batu (Alun-Alun), sedangkan dari pusat kota Malang, jaraknya sekitar 18 km. Lebih jelasnya mengenai lokasi dari Jatim Park 2 ini dapat dilihat pada Google Map di bawah ini:



Daya Tarik Wisata

Jatim Park 2 merupakan tempat wisata yang mengutamakan satwa-satwa unik maupun langka sebagai daya tariknya. Setiap bagian dari Jatim Park 2 memiliki koleksi satwanya dengan ciri khasnya masing-masing. Beberapa zona di Jatim Park 2 diantaranya adalah Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Fantasy Land, Reptil Garden dan Eco Green Park. Penjelasan untuk masing-masing zonanya adalah sebagai berikut:

1. Museum Satwa
Rangka T-Rex di bagian dalam Museum Satwa - Jatim Park 2
Berbagai macam satwa yang telah diawetkan dapat ditemukan di Museum Satwa, yang menempati gedung bak istana. Berbagai macam satwa yang diawetkan diantaranya adalah kupu-kupu yang unik dan langka hingga replika rangka tulang dinosaurus. Jika anda ingin mengajak siapa saja untuk mempelajari berbagai macam hewan langka yang telah diawetkan, dapat diajak ke Museum Satwa – Jatim Park 2. 

2. Batu Secret Zoo
Jika di Museum Satwa hanya ada binatang yang diawetkan, maka di Batu Secret Zoo anda dapat melihat berbagai satwa yang hidup dan berada di tempatnya yang dibuat sedemikian rupa mirip tempat tinggal asli hewan tersebut. Berbagai macam binatang yang dapat ditemukan Batu Secret Zoo berasal dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri seperti dari Madagaskar hingga Australia. Berbagai binatang baik itu yang hidup di darat seperti Singa, Harimau, Jaguar, Kangguru dsb hingga yang hidup di dalam air bisa ditemukan di Batu Secret Zoo – Jatim Park 2 ini. Berikut ini adalah foto dari hewan atau satwa yang ada di Batu Secret Zoo:







Selain untuk melihat satwa-satwa tersebut, banyak wahana permainan yang dapat anda nikmati saat berada di Batu Secret Zoo – Jatim Park 2, diantaranya adalah:

  • Naik gajah;
  • Singa Laut Show;
  • Mayapada Show;
  • Spongebob Water Shoot;
  • Horror House (wahana rumah hantu);
  • Animal Coaster;
  • Octopus;
  • New Safari Farm;
  • Animal Bumper Car;
  • Gorilla, Tiger Land;
  • Batu Adventure (ATV);
  • Rodeo;
  • Kolam Renang Anak;
  • Animal Show;
  • Istana Semut;
  • Brigade Mobil Pemadam;
  • Safari Car;
  • Fun House;
  • Kereta Kuda;
  • Mancing Harimau;
  • Pasar Africa;
  • Beach Boath;
  • Naik Unta;
  • Soccer Land;
  • Reptile Garden;
  • Savanah;
  • Junior Farm;
  • Jelajah 5 Benua;
  • Cheetah;
  • Tsunami; dan
  • Shark Coaster.

3. Fantasy Land
Wahana permainan di Fantasy Land - Jatim Park 2
Fantasy Land berada di dalam area Batu Secret Zoo, dengan berbagai wahana permainannya sebagian besarnya seperti yang disebutkan diatas. Wahana permainan favorit di Fantasy Land adalah Tsunami, yang hanya disarankan untuk pengunjung dengan tinggi badan paling minimal adalah 85 cm.

4. Reptil Garden
Reptil Garden berada di sebelah pintu masuk, dengan koleksi kurang lebih 5000 jenis serangga dari berbagai negara seperti Kolumbia, Peru, Madagaskar, Malaysia, Papua Nugini dan sebagainya. Tentu saja serangga-serangga yang berada di Indonesia juga ada disini.

5. Eco Green Park
Eco Green Park merupakan area terbaru dari Jatim Park 2, dimana di tempat ini, pengunjung akan mempelajari tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Mengusung konsep Green Earth, Eco Green Park juga menjadi tempat menyenangkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan alam seperti Fisika dan Biologi. Berbagai macam barang bekas yang dirubah menjadi sesuatu yang menakjubkan dapat dilihat di Eco Green Park ini. Tiket masuk Eco Green Park bisa dibeli langsung di pintu masuk area Eco Green Park, atau bisa membeli tiket paket wisata di loket Jatim Park 2.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2

Harga tiket masuk Jatim Park 2 diantaranya sebagai berikut:

Weekday 

  1. Rp. 75.000 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa)
  2. Rp. 95.000 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park)

Weekend

  1. Rp. 105.000 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa)
  2. Rp. 125.000 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park)

Harga tiket yang tertera diatas sewaktu-waktu dapat berubah. Untuk anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm sudah harus membayar tiket penuh.

Jam Buka Jatim Park 2

Jam buka – tutup di Jatim Park 2 (selain Eco Green Park) adalah dari pukul 10.00 WIB hingga 18:00 WIB. Sedangkan untuk Eco Green Park sendiri, jam buka mulai dari pukul 10:00 WIB hingga 16:00 WIB. Oleh karena itu, apabila anda berencana untuk mengunjungi semua area di Jatim Park 2, disarankan untuk terlebih dahulu masuk ke Eco Green Park, agar waktunya cukup untuk eksplorasi semuanya.

Fasilitas di Jatim Park 2

Terdapat banyak fasilitas yang ada di Jatim Park 2 diantaranya hotel, rumah makan, areal parkir yang luas, toilet/WC umum serta tempat ibadah. Untuk hotel, di dalam Jatim Park 2 adalah hotel Pohon Inn yang sangat ikonik. Hotel yang dari luar terlihat seperti sebuah pohon raksasa ini terletak di dalam area Jatim Park 2. Hotel Pohon Inn yang terletak tepat di sebelah loket penjualan tiket Jatim Park 2 ini sangat laris, oleh karena itu anda harus membookingnya dari jauh-jauh hari sebelum berwisata ke Kota Batu. 

Jika anda ingin makan, anda tidak akan kesulitan selama berada di Jatim Park, karena banyak terdapat food court di dalam tempat wisata populer kota Batu Malang ini. 

Halaman parkir di Jatim Park 2 sangat luas dan dapat menampung semua jenis kendaraan darat, baik itu bus pariwisata, mini bus, mobil maupun sepeda motor. Areal parkir terdapat di depan Museum Satwa maupun hotel Pohon Inn serta di pintu masuk Eco Green Park. Tarif retribusi parkir di Jatim Park 2 diantaranya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Rute Menuju Jatim Park 2 (Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park)

Rute menuju Jatim Park 2 ini akan dibagi menjadi 2, yaitu rute dari pusat kota Batu (Alun-Alun Batu) serta rute dari Kota Malang (Alun Alun Malang). Sehingga untuk mempermudah titik awal perjalanan mencari Jatim Park 2 dapat dimulai dari patokan tersebut atau bisa langsung melihat peta rute di bawah ini.



Rute Menuju Jatim Park 2 dari Alun Alun Kota Batu
Dari Alun Alun Kota Batu, pilih jalan utama menuju ke kota Malang (Jl. Diponegoro), setelah tiba di pertigaan Lippo Plaza Batu, lurus, melewati Jl. Patimura Kurang lebih 360 meter akan ketemu pertigaan lagi, kali ini belok kanan, melewati Jl. Dewi Sartika. Jalan menanjak kecil ini melewati pasar dan terminal, hingga tiba di perempatan di ujungnya, belok kiri, melewati Jl. Oro Oro Ombo. Kurang lebih 700 meter mengikuti Jl. Oro Oro Ombo ini, akan terlihat Jatim Park 2 yang sangat ikonik (Hotel Pohon Inn dan Museum Satwa yang sangat mencolok) di sebelah kanan jalan.

Rute Menuju Jatim Park 2 dari Alun Alun Kota Malang
Rute dari kota Malang menuju Jatim Park 2 di kota Batu ada banyak pilihannya, namun untuk mempermudah, anda hanya perlu mengikuti jalur utama Kota Malang – Kota Batu (terutama untuk kendaraan roda 4).

Dengan titik start dari Alun Alun Kota Malang, anda berkendara ke arah barat, dengan melewati Mall Olympic Garden (MOG) –Jl. Ijen – Jl. Bandung – Jl. Veteran (MATOS) – ke arah Dinoyo melewati Jl. Sumbersari – Jl. MT. Haryono (Dinoyo). Sampai di daerah Dinoyo, Kota Malang, perjalanan ke Kota Batu hanya perlu mengikuti jalan utama tersebut hingga masuk di Kota Batu, kurang lebih 13 Km dari Dinoyo ke Jatim Park 2.

Lebih jelas mengenai rute menuju Jatim Park 2 dari Kota Malang dapat dilihat pada peta rute tersebut. Anda dapat merubah titik start perjalanan menuju Jatim Park 2 sesuai dengan lokasi yang anda inginkan.

Tips Berwisata di Jatim Park 2

  1. Jatim Park 2 merupakan tempat yang sangat luas dan wisatawan akan menempuh jalan yang cukup panjang untuk dapat mengelilingi semua spot di tempat wisata terkenal Batu Malang ini. Oleh karena itu, sebaiknya datang pada pagi hari agar waktunya cukup untuk melihat semua yang tersedia di Jatim Park 2;
  2. Terdapat 2 cara membeli tiket Jatim Park 2, yaitu membelinya secara online maupun menggunakan uang cash di loket penjualan tiket. Jika anda membelinya dengan uang cash, sebaiknya menyiapkan uang cash yang cukup sebelum masuk ke area ini. Terdapat ATM di area Jatim Park 2 (pintu keluar Secret Zoo atau di depan loket), namun akan lebih baik sudah menyiapkan uang cash dari luar;
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman dikenakan, agar dapat berjalan dengan bebas di area wisata yang sangat luas ini. Jangan lupa menggunakan jaket atau pakaian yang hangat lainnya, karena kota Batu merupakan kota yang dingin atau sejuk pada siang hari;
  4. Di Eco Green Park, pengunjung dapat menyewa motor mini untuk mengelilingi berbagai spot di sana. Harga sewa motor mini di Eco Green Park adalah Rp. 100.000 yang dapat digunakan selama 3 jam;
  5. Jika masih ada waktu yang tersisa pada hari tersebut (terutama sore hingga malam hari), anda bisa melanjutkan mengunjungi tempat wisata terdekat yang masih buka, diantaranya Museum Angkut (tutup pukul 20:00 WIB), Batu Night Spectacular (tutup pukul 23:00 WIB), Pasar Parkiran, Alun Alun Kota Batu bahkan bisa lanjut melihat pemandangan kota Batu yang menakjubkan pada malam hari di Wisata Paralayang Gunung Banyak.

Tempat Wisata Lain dekat Jatim Park 2

Jatim Park 2 terletak di Kota Wisata Batu yang terkenal akan banyak tempat wisata di dalamnya. Oleh karena itu, cukup banyak juga tempat wisata yang lokasinya cukup dekat dengan Jatim Park 2 yang dapat anda kunjungi sebelum atau setelah dari Jatim Park 2 diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jatim Park 1 (±800 meter)
  2. Batu Night Spectacular (BNS) (±1,1 km)
  3. Museum Angkut (±2,1 km)
  4. Alun Alun Kota Batu (±2,7 km)
  5. Kusuma Agrowisata (±3,1 km)
  6. Peternakan Kuda Megastar (±3,5 km)
  7. Wana Wisata Coban Rais (± 3,7 km)
  8. Predator Fun Park (±5,7 km)

Hotel, Penginapan atau Villa dekat Jatim Park 2 Batu Malang

Di dalam Jatim Park 2 (tepatnya di sebelah Museum Satwa), terdapat Hotel Pohon Inn, yang fotonya saya jadikan foto utama dalam artikel ini (lihat foto paling pertama/atas). Oleh karena terletak di dalam Jatim Pakr 2, apabila anda menginap di hotel ini, akan lebih mudah untuk mengelilingi seluruh area Jatim Park 2, bahkan bisa lanjut ke tempat wisata di sebelahnya seperti Jatim Park 1, Museum Angkut maupun Batu Night Spectacular.

Untuk dapat menginap di Hotel Pohon Inn, anda dapat booking melalui situs booking hotel online di bawah ini:
  1. Tiket.Com
  2. Agoda
  3. HotelsCombined

Selain Hotel Pohon Inn, anda juga dapat menginap di hotel atau homestay di sekitar Jatim Park 2, diantaranya:
  1. Griya Imafa Guesthouse
  2. Nuri’s Homestay
  3. Homestay Gita

Bukan hanya hotel dan penginapan, anda juga dapat memilih untuk menginap di villa-villa yang banyak bertebaran di sekitar Jatim Park 2. Beberapa villa di antaranya adalah:
  1. Villa Banana Jatim Park
  2. Villa Anjani Batu
  3. Villa Puri Lila Batu
  4. Villa Batu 88
  5. The Villaku Batu
  6. Villa Biru B by CozyStay
  7. Villa Biru A by CozyStay
  8. Villa Hijau by CozyStay
  9. Villa Lavender by CozyStay

Jalan-Jalan di Jatim Park 2

Ninno Emanuel di Jatim Park 2 Batu Malang
Sebagai perantau di Kota Malang yang sudah cukup lama tinggal di Malang, tentunya Kota Batu bukan tempat yang asing lagi bagi saya. Kota yang penuh dengan banyak tempat wisata ini selalu menjadi favorit sebagai tempat jalan-jalan.  Jatim Park 2 adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Kota Batu yang pernah saya kunjungi saat menemani teman atau keluarga berlibur di kota ini.

Pertama kali ke Jatim Park 2 adalah pada bulan September 2011, waktu itu menemani teman SMA yang sedang berlibur di Malang untuk jalan-jalan. Sedangkan untuk yang kedua kalinya adalah pada bulan April 2014, saat keponakan dan kakak saya sedang berlibur di Malang. Karena momennya sudah cukup lama untuk saya ingat setiap detil perjalanannya, saya langsung saja cerita tentang apa saja yang dilakukan saat di Jatim Park 2. Dan karena ini perjalanan pada tahun 2011 dan 2014, Eco Green Park belum ada pada saat itu.

Perjalanan dari Kota Malang ke Jatim Park 2 tidak terlalu melelahkan, jaraknya hanya sekitar 14 km dari kos-an saya waktu itu, yang tentunya dapat ditempuh dalam waktu yang cukup cepat. Untuk perjalanan pertama, berangkatnya tidak terlalu kesiangan, sehingga dapat melihat semua satwa yang ada di Batu Secret Zoo – Jatim Park 2. Mulai dari binatang pengerat, unggas, melata, ikan hingga hewan-hewan karnivora di bagian terakhir seperti Macan dan Singa.

Teman jalan ke Jatim Park 2 tahun 2014
Hampir sebagian besar satwa yang ada di Batu Secret Zoo adalah hewan-hewan yang cukup unik, karena banyak diantaranya yang didatangkan langsung dari hutan-hutan atau kebun binatang lain dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk mengelilingi setiap area di Batu Secret Zoo, 1 jam adalah waktu minimal untuk dapat melihat semua satwa yang ada. Areanya cukup luas, jadi sebaiknya datang sebelum terlalu siang, karena pada sore hari, satwa yang sebagian besarnya bukan hewan nocturnal (hidup di malam hari) ini akan masuk ke kandang atau tidur. Sehingga kita tidak dapat melihat aktivitas mereka yang lucu-lucu tersebut. Hal ini saya alami di perjalanan kedua, karena berangkatnya sudah terlalu siang, pada saat di ujung Batu Secret Zoo, sebagian besar satwa (macan, singa, jaguar, leopar dsb) telah masuk kandang.

Selain melihat satwa unik di Batu Secret Zoo, kami tidak melewatkan kesempatan untuk bermain wahana permainan yang tersedia di dalamnya seperti roller coaster, horror house (rumah hantu) dan sebagainya.

Setelah selesai mengelilingi Batu Secret Zoo, setelah itu ke Museum Satwa, yang memang bisa dilakukan saat terang hingga gelap, karena itu berada di dalam ruangan. Gedung Museum Satwa ini terlihat cukup megah, dari jauh terlihat seperti sebuah istana. Banyak wisatawan lain selain kami waktu itu yang juga lebih banyak foto-foto di depan gedung ini.

Teman jalan ke Jatim Park 2 tahun 2011
Saat masuk ke dalam Museum Satwa, hal unik pertama yang paling mencolok perhatian kami adalah adanya rangka dinosaurus (T-Rex) yang ada di ruang utama setelah pintu masuk.  Di dalam Museum Satwa ini banyak dipajang hewan-hewan yang telah di awetkan, baik itu yang dimasukkan dalam bingkai seperti Kupu-Kupu dan serangga lainnya, maupun yang dimasukkan dalam diorama seperti macan, rusa dsb.

Berkeliling di Museum Satwa tidak secapek berkeliling di Batu Secret Zoo. Area Museum Satwa dapat dikelilingi dalam waktu yang singkat, karena ruangan ini tidak seluas Batu Secret Zoo. Oleh karena itu, waktu yang kami habiskan di Museum Satwa juga tidak terlalu lama. Hanya sekitar 30 menit untuk dapat melihat seluruh koleksi satwa yang diawetkan disini.

Itulah catatan perjalanan saya saat jalan-jalan ke Jatim Park 2 Batu Malang, semoga seluruh ulasan di blog nnoart ini dapat berguna bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Kota Batu atau Malang pada akhir pekan maupun saat musim liburan nanti.

Koleksi Foto nnoart di Jatim Park 2 Batu Malang

Ini merupakan gedung untuk Museum Satwa di Jatim Park 2 Batu Malang.
Museum Satwa

Satwa unggas di Batu Secret Zoo - Jatim Park 2 Batu Malang
Satwa di Batu Secret Zoo

Penyu dalam aquarium di Batu Secret Zoo - Jatim Park 2
Penyu di Batu Secret Zoo

Koleksi Ikan dalam Aquarium Batu Secret Zoo - Jatim Park 2
Koleksi Satwa dalam Aquarium di Batu Secret Zoo - Jatim Park 2

Ini adalah foto Kura Kura di Batu Secret Zoo dalam Jatim Park 2
Kura-Kura bebas berkeliaran di Batu Secret Zoo


Keterangan:
  1. Foto oleh: Ninno Emanuel & I Ketut Wisnu Wardhana
  2. Waktu: September 2011; April 2014
  3. Lokasi: Batu Secret Zoo dan Museum Satwa - Jatim Park 2, Kota Batu, Jatim


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment