. . .

Saturday, September 30, 2017

Tempat Wisata di Sekitar Gunung Rinjani Lombok, Cantik dan Memikat



sumber:alidesta.wordpress.com
Pulau Lombok tidak hanya memiliki pantai-pantai yang indah, tapi juga terkenal dengan Gunung Rinjani yang menjadi salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Tepatnya, gunung yang memiliki tinggi 3726 mdpl ini menduduki peringkat kedua setelah Gunung Kerinci. Kalau di Malang, ada gunung yang tak kalah indahnya, Gunung Bromo.

Kalau kamu penyuka petualangan yang menantang nyali, mendaki Rinjani adalah cara terbaik. Namun jika kamu tak berencana mendaki, kawasan wisata di sekitar Gunung Rinjani bisa jadi alternatif liburan kamu ke Lombok.

Desa Adat Senaru
Desa cantik ini terletak di kaki Gunung Rinjani dan menjadi salah satu rute pendakian menuju puncaknya. Meski sudah mengenal modernisasi, namun Desa Adat Senaru masih menjaga kelestarian budaya mereka dengan sangat baik.

sumber:erinjani.com
Rumah-rumah yang berada di desa adat ini masih berdiri kokoh dengan model lawas. Untuk membangunnya pun harus mempertimbangkan penanggalan atas bawah, dengan peraturan yang harus ditaati oleh semua warga setempat.

Tidak hanya bangunannya yang cantik, makanan dan juga tradisi di desa ini amat menarik. Berbagai sajian kuliner khas desa Senaru wajib banget buat diicip, karena nggak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Pemandian Air Panas Sebau
Air panas yang ada di pemandian ini tercipta karena sumber air di bawah tanah yang dekat dengan magma Gunung Rinjani yang sampai sekarang masih aktif. Seperti pemandian air panas alami lainnya, air di Sebau juga mengandung belerang yang sangat berkhasiat untuk membasmi segala penyakit kulit.

Uniknya, meski banyak manusia yang mandi di Sebau, hewan-hewan seperti burung, rusa, kera abu-abu dan lutung tidak takut untuk tetap beraktivitas di sana. Sepanjang perjalanan menuju Sebau, kamu bisa melihat hewan-hewan ini dari jarak dekat.

Buat yang hobi main air, baca ini: Pemandian Alam Sumber Maron Malang

Air Terjun Sendang Gile
sumber:anekawisataseru.net

Tak jauh dari pusat Desa Senaru, kamu bisa menemukan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25m, namanya Air Terjun Sendang Gile. Air di sini sangat jernih, dengan suhu dingin, cukup menusuk kulit. Udara di sekitar Air Terjun Sendang Gile pun cukup dingin, karena memang sudah mendekati jalur menuju pendakian ke Rinjani.

Kawasan ini bisa dibilang masih cukup alami, dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Kamu juga nggak perlu terlalu bersusah payah untuk menuju ke air terjunnya, karena lokasinya mudah dijangkau.

Danau Segara Anak
Kawasan ini menjadi salah satu pemberhentian para pendaki setelah beberapa jam melakukan perjalanan. Dari pos Desa Senaru, perlu waktu kurang lebih 8 jam untuk menuju Danau Segara Anak. Perlu perjuangan memang. Namun setelah sampai di lokasi, pemandangan alam yang luar biasa indah akan membayar semua lelah perjalananmu menuju tempat ini.

sumber:trekkingrinjani.com

Untuk menuju Segara Anak, sebaiknya bawa guide dan tidak berjalan sendirian. Karena jalur menuju Rinjani kadang sulit ditaklukkan, sebaiknya berjalan berombongan dan membawa satu orang yang sudah paham dengan jalur agar tidak tersesat.

Padang Savana Bunga Edelweis
Di sepanjang jalur dari Sembalun menuju Segara Anak, kamu akan menemukan padang savanna yang penuh dengan bunga edelweiss. Perjalanan selama di savanna ini memang berat, karena nyaris tak ada pohon rindang untuk berteduh dari teriknya sinar matahari. Namun indahnya edelweis yang menjadi pemandangan selama perjalanan akan membayar semua lelahmu.

Rinjani kini menjadi tempat wisata di Lombok yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Karena itulah, Rinjani sekarang menjadi wisata andalan di Lombok.



SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment