. . .
Investasi Rumah Villa di Kota Batu Malang - Exotic Panderman Hill
Pesan hotel via Agoda? KLIK DISINI
Pesan hotel, tiket pesawat, kereta api, tiket tempat wisata atau sewa mobil via Tiket.Com? KLIK DISINI
Tiket tempat wisata dan watersport di Bali? KLIK DISINI

Monday, April 03, 2017

Batu Night Spectacular (BNS) Batu Malang - Pesona Batu Malam Hari



Batu Night Spectacular (BNS) Batu Malang ulasan oleh nnoart

Batu Night Spectacular (BNS) Batu Malang - Pesona Batu Malam Hari - Kota Batu di Malang Raya merupakan kota wisata yang memiliki sangat banyak objek wisata baik itu alam maupun buatan berupa wahana permainan. Tempat wisata yang banyak tersebut, beberapa diantaranya dapat dinikmati saat malam hari, salah satunya adalah Batu Night Spectacular (BNS), disamping wisata Paralayang Gunung Banyak, Pasar Parkiran maupun Alun-Alun Kota Batu. Wisatawan di Kota Batu yang sudah jalan-jalan seharian di objek wisata yang dibuka pada pagi hingga sore hari, seperti Jatim Park, Selecta, Museum Angkut dsb dapat melanjutkan aktivitas wisata malam harinya di BNS ini.

Batu Night Spectacular merupakan objek wisata yang banyak terdapat wahana permainan yang seru, pusat hiburan, permainan ketangkasan, spot foto menarik, area pertunjukan atau konser musik, beberapa olahraga ringan, belanja pernak-pernik atau souvenir khas kota Batu atau Malang hingga tempat wisata kuliner.

Berikut ini blog nnoart akan mengulas mengenai objek wisata yang spektakuler terutama saat malam hari ini dengan memberikan beberapa info penting seperti harga tiket masuk beserta tiket untuk setiap wahana permainan dsb, wahana apa saja yang tersedia, lokasi atau alamat, sekilas tentang konsepnya, foto atau gambar, rute menuju BNS, jadwal buka-tutup objek wisata ini, tempat wisata lain terdekat, hotel atau penginapan terdekat hingga catatan perjalanan dari penulis sendiri di BNS Batu – Malang ini.

Tentang BNS Batu Malang

Sejarah singkat BNS (Batu Night Spectacular) Batu Malang oleh nnoart.
Berdasarkan situs resmi BNS di batunightspectacular.co.id, awal mula pemilihan nama Batu Night Spectacular (BNS) tersebut oleh karena kota Batu memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan (spektakuler) saat malam hari, sehingga dipilih nama Batu Night Spectacular untuk mempertegas perwujudan kota Batu sebagai kota wisata yang menarik serta eksotis.

BNS Batu Malang yang berada dalam manajemen Jatim Park Group hadir menawarkan konsep suasana hiburan keluarga yang terintegrasi dengan wahana permainan, pusat perbelanjaan, pasar hingga olahraga yang dapat dinikmati saat malam hari.

Baca juga:  Omah Kayu Batu Malang - Penginapan Unik di Atas Pohon

Alamat BNS Batu Malang


Lokasi BNS Batu Malang berada di Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu – Jatim, tepatnya di Jl. Hayam Wuruk No. 1. Jaraknya tidak jauh dari beberapa objek wisata milik Jatim Park Group lainnya seperti Jatim Park 2, Jatim park 1 dan Museum Angkut.

Jika dari pusat kota Malang, jaraknya sekitar 18 km ke arah barat, sedangkan dari pusat kota Batu (alun-alun kota Batu) jaraknya sekitar 3,5 km. Lebih jelasnya mengenai lokasi BNS dapat dilihat pada peta google di atas.

Wahana-Wahana serta Permainan Karnival di BNS Batu Malang

Ini adalah salah satu contoh wahana permainan di BNS Batu Malang.
Daya tarik utama dari BNS adalah pada berbagai macam wahana maupun permainan karvinal yang sangat banyak dan menarik misalnya Lampion Garden, Rumah Kaca, Go Kart, Bioskop 4 Dimensi, Rodeo, Kursi Terbang, Trampoline, Galeri Hantu, Sepeda Udara, Slalom Tes, Istana Penyihir, The New Revolution Virtual Reality Ride dan sebagainya. Beberapa wahana untuk menguji adrenalin juga banyak tersedia di BNS seperti Mouse Coaster, Drag Race dan lain sebagainya.

Dalam area Kidz Zone, terdapat 25 macam permainan yang disediakan khusus untuk dinikmati anak-anak. Selain itu terdapat beberapa spot menarik seperti food court, cafe, air mancur menari dsb. Lebih lengkapnya mengenai wahana atau permainan karnival yang ada di BNS Batu Malang adalah sebagai berikut:

Lampion Garden
Ini merupakan spot favorit muda-mudi untuk menghabiskan waktu yang romantis dikelilingi oleh berbagai macam lampion dengan bentuk yang unik-unik seperti boneka, menara Eiffel, balon udara dsb yang berwarna-warni. Di tengah-tengahnya ada kolam denga lampion teratai dengan nyala warna-warni di permukaan airnya. Suasana yang tenang di Lampion Garden sangat berbeda dengan suasana hiruk pikuk berbagai jenis permainan di dalam BNS. Pengunjung dapat melakukan mini konser di area Lampion Garden atau sekedar duduk sambil menonton Go Kart. Untuk masuk Lampion Garden, perlu membayar tiket khusus yang berbeda dengan tiket masuk, yaitu Rp. 10.000/orang.

Rumah Kaca
Rumah kaca yang ada di dalam BNS ini tidak terlalu besar akan tetapi para pengunjung dapat berjalan-jalan di dalamnya dengan gratis. Bentuknya yang menyerupai Museum Louvre di Paris membuat rumah kaca ini terlihat lebih menarik.

Rodeo
Permainan rodeo di BNS Batu Malang
Salah satu permainan yang menarik perhatian pengunjung di BNS adalah Rodeo, dimana pengunjung akan beratraksi layaknya seorang rodeo dalam menjinakkan banteng (bukan banteng beneran). Saat permainan dimulai, banteng buatan ini akan bergerak layaknya seekor ‘sapi gila’ dan pengunjung yang sedang menungganginya harus mencoba bertahan tetap menungganginya tanpa terjatuh sampai waktunya habis. Tertarik untuk mencobanya?


Battle Arena
Mirip permainan air soft gun, akan tetapi disini menggunakan senjata laser. Untuk bermain di Battle Arena BNS sebaiknya per kelompok yang biasanya 5 vs 5 (10 orang) selama 15 menit. Tiketnya 30 ribu/orang dan di akhir game, setiap peserta bisa mendapatkan data statistik selama game berlangsung.

Go Cart Track
Ingin merasakan sensasi balapan Go Cart saat di Kota Batu atau Malang? Anda bisa menikmatinya dalam objek wisata Batu Night Spectacular. Tarif yang dikenakan biasanya untuk 3 putaran (lap) dengan lintasan yang cukup menantang.

Sepeda Udara
Lintasan sepeda udara ini mengelilingi BNS dari atas, sehingga pengunjung yang mencoba naik sepeda udara ini dapat melihat suasana meriah di BNS serta pemandangan kota Batu yang selalu spektakuler pada malam hari. Bagi pengunjung yang fobia ketinggian, sebaiknya tidak mencoba wahana yang satu ini.

Boom Boom Car
wahana permainan Boom Boom Car di BNS Batu Malang
Permainan saling menabrakkan mobil ke mobil lainnya, akan sangat seru jika datang beramai-ramai atau mainnya beramai-ramai. Karena semakin banyak peserta, semakin seru. Boom Boom Car dapat anda temukan di BNS dan bisa menikmatinya dengan teman-teman anda.

Spectacular Show
Disini pengunjung dapat menikmati tontonan yang unik dan menarik dimana ada air mancur menari, laser show hingga multimedia show yang katanya merupakan yang terpanjang di Indonesia yaitu mencapai 50 meter.

Panggung Hiburan
Meskipun suasana di BNS terlihat nuansanya yang sangat modern, namun ada juga beberapa spot yang menyediakan tempat untuk kesenian tradisional, salah satunya adalah di Panggung Hiburan. Lagu-lagu kesenian nusantara dapat pengunjung nikmati secara live disini.

Night Market
Sesuai dengan namanya, yaitu pasar malam, di BNS pengunjung dapat membeli berbagai oleh-oleh atau souvenir khas Malang Raya (Batu dan Malang) di Night Market. Berbagai aksesoris unik bisa ditemukan di Night Market ini.

Food Court
Setelah puas berkeliling BNS, tentunya pengunjung akan merasa lapar atau haus. Pengunjung tidak perlu jauh-jauh keluar dari BNS untuk mencari makan-minum, karena bisa langsung mendatangi Food Court yang berada sebelum pintu keluar ini. Berbagai macam menu tersedia disini dari lalapan, nasi goreng, steak, berbagai jenis sea food hingga minuman beraneka macam.

Masih Banyak Wahana/Permainan Karnival di BNS
Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi wahana permainan yang ada di BNS, lebih lengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah pada bagian tentang harga tiket masuk BNS Batu Malang.

Baca juga: Warna-warni Alun Alun Kota Batu

Harga Tiket Masuk BNS Batu Malang dan Tarif Lainnya

Untuk masuk ke BNS Batu Malang perlu membayar sejumlah uang untuk tiket masuk. Perlu diketahui bahwa tiket masuk hanya digunakan untuk masuk ke bagian dalam BNS, sedangkan untuk menikmati berbagai macam wahana atau permainan yang ada di BNS perlu membayar biaya tambahan, meskipun ada juga yang sudah tidak perlu bayar lagi.

Tiket masuk BNS ada juga yang berupa tiket terusan, dimana dengan membayar tiket masuk terusan ini, ada beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati tanpa perlu membayar lagi. Namun tentu saja harga tiket masuk terusan lebih mahal daripada tiket masuk biasa. Selebihnya mengenai harga tiket masuk BNS dan tarif setiap wahana permainannya per April 2017 adalah sebagai berikut:

Harga tiket masuk BNS: Rp. 30.000/orang (hari biasa), Rp. 40.000/orang (akhir pekan atau liburan), Rp. 90.000/orang (tiket terusan)

Ini adalah daftar harga tiket masuk BNS Batu Malang dan tarif/tiket berbagai wahana permainan di Batu Night Spectacular Batu Malang.


Jadwal Buka BNS Batu Malang

Jadwal buka Batu Night Spectacular (BNS) adalah pada setiap hari mulai pukul 15:00 hingga 23:00 WIB. Jika anda ingin datang ke BNS, sangat disarankan untuk datang pada saat mulai gelap, karena suasananya akan terasa lebih meriah saat malam hari daripada sore hari. 

Rute Menuju BNS Batu Malang

Rute atau cara menuju BNS Batu Malang yang saya jelaskan ini mengambil titik start dari arah kota Malang dan Kota Batu, karena sebagian besar pengunjung BNS biasanya berangkat dari arah Kota Malang dan juga kota Batu (dari tempat wisata lainnya di Batu). Untuk rute dari arah Surabaya, juga akan saya jelaskan garis besarnya saja.

Untuk menuju BNS sebenarnya cukup mudah, asalkan sudah tiba di kota Batu, akan ada banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda ke arah BNS. Anda juga dapat memanfaatkan Google Map untuk menuntun anda. Namun jika kesulitan memahami atau tidak bisa mengakses Google Map, bisa mengikuti rute yang saya jabarkan berikut:

Rute Menuju BNS dari arah Alun-Alun Kota Batu
Dari arah Alun-Alun Kota Batu, menuju ke arah kota Malang (ke arah timur). Saat tiba di persimpangan depan Batu Town Square (Batos), belok kanan melewati jalan Imam Bonjol. Saat tiba di persimpangan (ada bundaran kecil), belok ke kiri, ke arah Jatim Park 2 dan BNS. Jika belok kanan maka itu menuju ke Jatim Park 1, Museum Angkut dan Kusuma Agrowisata.

Ikuti saja jalan yang ada, saat ada persimpangan di jalan Dewi Sartika, tetaplah lurus. Tidak jauh dari situ anda akan melewati Jatim Park 2. Sekitar 500 meter dari Jatim Park 2, anda akan tiba di BNS yang berada di sebelah kiri jalan.


Rute Menuju BNS dari arah Kota Malang
Dari kota Malang, berkendara ke arah Kota Batu lewat Landungsari – Sengkaling – Gerbang Masuk Kota Wisata Batu. Kurang lebih 1 km setelah gerbang masuk Kota Wisata Batu akan ada pertigaan (rute dari Surabaya akan keluar di pertigaan ini). Di pertigaan ini tetap lurus, setelah itu sekitar 500 meter ada lagi pertigaan dengan jembatan kecil. Di pertigaan ini belok kiri (Jalan Diponegoro).

Ikuti terus jalan ini hingga ketemu simpang lima, beloklah ke kanan (ada 2 jalan belok kanan, pilih yang jalannya lebih lebar, jalan Hasanuddin). Ikuti saja terus jalan Hasanudin yang lurus, sedikit menanjak dan melalui perkampungan warga ini. Terus hingga tiba di tikungan pertama (depan balai RW), lewat persawahan, setelah itu ada perempatan, belok kanan disitu. Dari situ setelah masuk Jalan Raya Oro Oro Ombo terus saja mengikuti jalan tersebut. Kurang lebih 1,5 km dari perempatan itu, tiba di Batu Night Spectacular Batu Malang yang ada di sebelah kanan jalan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada peta rute menuju BNS Batu Malang dari Google Map di akhir sub-bagian ini.


Rute Menuju BNS dari arah Surabaya
Jika dari arah Surabaya mau ke BNS, dari arah Surabaya menuju Malang, setelah tiba di pertigaan Karanglo/Singosari/ITN, belok kanan untuk langsung ke arah kota Batu melewati Karanglo. Dari pertigaan Singosari itu kurang lebih 6,5 km sebelum tiba di pertigaan menuju Kota Batu. Di pertigaan tersebut, belok kiri melewati jalan Zentana.

Di Jalan Zentana, lurus terus melewati beberapa perempatan hingga akhirnya mentok di pertigaan di Jalan Raya Sengkaling. Dari pertigaan ini belok kanan dan selanjutnya mengikuti rute yang telah saya jelaskan dari arah Malang menuju BNS. Belok kiri setelah 500 meter dari pertigaan tersebut dan seterusnya.


Lebih jelasnya mengenai rute menuju BNS Batu Malang saya sertakan rute dari Google Map di bawah ini (rute dari arah Terminal Landungsari, kota Malang). Rute masih bisa diganti dengan merubah titik startnya, misalnya dari kota Malang diganti menjadi Alun-Alun Kota Batu atau Surabaya.


Angkutan Kota Menuju BNS Batu Malang

Angkutan Kote menuju Batu Night Spectacular di Kota Batu adalah dengan naik Jalur BJL (Batu - Junrejo - Landungsari) yang berwarna kuning muda. Angkutan Kota ini selain melewati BNS, juga melewati Jatim Park 2.

Sedangkan jika dari arah kota Malang, naiklah angkutan kota atau bis dari Terminal Landungsari dan turun di Terminal Kota Batu. Angkutan Kota di Kota Malang yang rutenya menuju terminal landungsari adalah angkot dengan rute ada huruf L (Landungsari), misalnya AL, GL, LG, LDG, GML dan ADL.

Tempat Wisata Lainnya dekat BNS Batu Malang

Batu Night Spectacular (BNS) Kota Batu terletak di kawasan wisata buatan di Kota Batu dimana selain BNS, masih terdapat tempat wisata lainnya yang jaraknya cukup dekat. Berikut ini adalah tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi setelah atau sebelum anda mendatangi BNS Batu Malang:
  1. Jatim Park 2 (±1 Km)
  2. Eco Green Park (±1,5 Km)
  3. Jatim Park 1 (±2 Km)
  4. Peternakan Kuda Megastar (±3 Km)
  5. Museum Angkut (±3,1 Km)
  6. Paralayang Panderman (±3,2 Km)
  7. Predator Fun Park (±3,5 Km)
  8. Alun-Alun Kota Batu (±4 Km)
  9. Kusuma Agrowisata (±4,2 Km)

Hotel atau Penginapan dekat BNS Batu Malang

Agar dapat lebih mudah mengunjungi BNS Batu Malang serta tempat wisata terdekat lainnya seperti yang tertulis di atas, para pengunjung biasanya memilih untuk menginap di hotel atau penginapan dekat BNS Batu Malang. Berikut ini adalah daftar hotel atau penginapan dekat BNS Batu Malang:
  1. Surya Indah Hotel (±250 m)
  2. Roemah YWI (±350 m)
  3. Darmo Homestay Kota Batu (±400 m)
  4. Homestay Kota Batu (±400 m)
  5. Mama Homestay Room (±530 m)
  6. 03 Homestay (±650 m)
  7. Happy Homestay (v900 m)
  8. Villa Puncak Garuda G6 (±1500 m)

Jalan-Jalan ke BNS Batu Malang

Ninno Emanuel penulis nnoart di BNS Batu Malang
Sudah lama tidak menulis mengenai tempat wisata di Kota Batu, setelah Omah Kayu, yang saat ini menjadi postingan terpopuler dalam blog nnoart ini. Ada banyak tempat wisata yang sudah saya kunjungi di Kota Batu, namun tidak banyak atau bahkan tidak ada foto/video dokumentasi di tempat wisata tersebut, termasuk BNS Batu. Itulah sebabnya dalam postingan ini, saya menggunakan beberapa foto milik teman saya, Wisnu, yang kebetulan waktu itu merupakan teman perjalanan.

Beberapa kali ke BNS, mulai dari bersama teman-teman dan juga bersama keluarga, tidak banyak perubahan yang saya rasakan, kecuali tambahan beberapa wahana baru. Mulai dari tahun 2011 maupun saat kedatangan berikutnya pada tahun 2014 serta 2015, beberapa tempat yang selalu jadi favorit dari teman seperjalanan adalah Lampion Garden.

Meskipun tempatnya sangat ramai, dengan berbagai macam wahana permainan yang menguji adrenalin yang seringkali membuat para pengunjung berteriak heboh, berada di Lampion Garden terasa jauh lebih tenang. Suara-suara bising yang terdengar biasanya hanya dari arena Gokart. Suasana yang sangat romantis dengan berbagai macam lampion yang menyala bermacam-macam warna membuat Lampion Garden selalu menjadi favorit.

Baca juga: Wisata Paralayang Gunung Banyak Batu yang Menakjubkan

Untuk yang baru pertama kali ke BNS, biasanya juga akan tertarik untuk mencoba masuk ke rumah kaca yang menyerupai Museum Louvre di Perancis. Meskipun tidak terlalu luas, tetapi bagi yang pertama kali masuk ke tempat ini biasanya sulit untuk mengetahui jalan keluarnya. Sebenarnya ada trik untuk mengetahui jalan keluar dari rumah kaca ini, jika anda teliti, anda pasti akan segera mengetahui triknya sesaat setelah masuk ke dalam rumah kaca.

Permainan lainnya yang cukup menarik adalah sepeda udara, disini kita bisa mengelilingi BNS dari atas sambil melihat pemandangan kota Batu yang sangat spektakuler di malam hari. Tidak salah pemilihan nama Batu Night Spectacular untuk nama tempat wisata ini.

Selain Lampion Garden, rumah kaca dan sepeda udara, ada beberapa permainan lainnya yang sudah pernah saya coba bersama dengan teman atau keluarga saat sedang berjalan-jalan ke BNS Batu Malang ini. Diantaranya adalah Boom Boom Car, yang cocok dimainkan jika kita datang ramai-ramai. Rumah hantu juga cukup seru, walaupun jika kita sedang ramai-ramai, suasananya terasa tidak terlalu menakutkan.

Foto salah satu sudut di BNS Batu Malang sekitar Lampion Garden
Oh iya, ada juga rodeo di BNS ini, saya memang belum pernah mencobanya, tapi terlihat sangat menantang, dimana kita hanya berusaha untuk tidak terjatuh saat naik ke atas banteng buatan yang bergerak dengan liar. Biasanya para pengunjung BNS akan ramai menonton seorang pengunjung yang sedang mencoba menjadi rodeo.

Beberapa permainan yang menguji adrenalin juga banyak di BNS, anda harus mencobanya saat datang ke tempat wisata dekat Jatim Park 2 ini. Setelah puas mencoba semua jenis permainan yang ada di BNS, barulah mencari makan di foodcourt atau mencari berbagai jenis pernak-pernik atau souvenir khas Kota Batu atau Malang yang terletak di pintu keluar area BNS Batu Malang.

Hanya itulah cerita jalan-jalan ke BNS disertai ulasan singkat dari saya, tidak banyak yang saya ingat saat jalan-jalan ke tempat wisata ini, oleh karena itu hanya seperti ini catatannya. Semoga dapat membuat anda semakin tertarik untuk mengunjungi Batu Night Spectacular, tempat wisata populer di Kota Batu Malang. Untuk dokumentasinya bisa dilihat foto dan video yang ada dalam ulasan ini.

Koleksi Foto nnoart di BNS Batu Malang

BNS (Batu Night Spectacular) Batu Malang dilihat dari depan.
Bagian depan BNS Batu Malang

Rumah Kaca BNS Batu Malang
Rumah Kaca di BNS Batu Malang

Kolam Lampion Garden di BNS Batu Malang
Kolam dalam Lampion Garden BNS Batu Malang

Kolam Teratai Buatan Lampion Garden BNS Batu Malang
Kolam Teratai Buatan BNS Batu Malang

Jalan-jalan di BNS Batu Malang enaknya dilakukan saat malam hari.
Serunya Jalan-Jalan di BNS Batu Malang

Keterangan foto:
Lokasi: Batu Night Spectacular, Kota Batu
Waktu: 2011, 2015
Foto oleh: Ninno Emanuel, I Ketut Wisnu Wardhana


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment