. . .

Friday, November 25, 2016

Splendid Malang - Wisata Unik di Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias



Splendid merupakan tempat wisata di Kota Malang berupa Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias.

Splendid Kota Malang – Wisata Unik di Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias - Tempat wisata di Kota Malang, khususnya wisata alam, bisa dibilang hampir tidak ada. Tempat wisata alam terkenal di wilayah Malang Raya kebanyakannya berada di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Di dalam kota Malang, tempat wisata yang ada diantaranya berupa taman kota, wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah dsb.

Salah satu tempat wisata belanja yang terkenal di Malang dan termasuk objek wisata anti-mainstream adalah Pasar Splendid, yang merupakan tempat jual beli burung peliharaan, bunga serta ikan hias. Tidak seperti wisata belanja mainstream dimana para pengunjung biasanya pergi ke Mall kota Malang seperti Matos, MOG serta Dinoyo City, atau belanja barang-barang murah di Pasar Besar, di Splendid Malang ini para pengunjung dapat membeli burung peliharaan beserta persediaan makanannya, ikan hias, aquarium serta makanannya, hewan peliharaan lain-lain seperti kucing, anjing, hamster, kelinci dsb serta berbagai jenis bunga hidup.

Leibh lengkapnya mengenai Pasar bunga, burung dan ikan hias di Splendid Kota Malang ini bakal diulas secara lengkap, mendetail dan tidak ketinggalan foto-foto dari Splendid. Nnoart akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai sekilas sejarah Splendid Malang, lokasi, rute serta cara menuju Splendid, data harga bunga, burung serta ikan hias di pasar ini dan hal-hal lainya yang berkaitan dengan Splendid Malang.

Sejarah Pasar Splendid Kota Malang


Pasar Splendid di Kota Malang memiliki sejarah tersendiri yang bisa dibaca di nnoart.
Pasar Bunga dan Burung Kota Malang ini terbentuk pada tahun 1960-an, oleh karena para pedagang burung berkumpul secara berkelompok di wilayah yang sekarang menjadi lokasi pasar. Semakin hari jumlah pedagang burung yang berjualan di area tersebut semakin banyak, bahkan hingga memakan badan jalan dan menyebabkan kemacetan.

Pemerintah Kota Malang sempat memindahkan lokasi pasar burung Splendid ini ke Pasar Comboran pada tahun 1967, hingga pada tahun 1993 dikembalikan lagi ke lokasi sebelumnya di Jalan Brawijaya Kota Malang oleh karena lokasinya di Pasar Comboran bakal dibangun sekolah.

Pada awalnya hanya ada pasar hewan saja di area ini, sebelum pada tahun 2001 diresmikan pasar bunga sehinnga menambah variasi dan keunikan dari Pasar Splendid Malang ini. Asal muasal nama Splendid sendiri, menurut cerita para pedagang, itu hanya sebutan dari masyarakat setempat untuk pasar ini oleh karena ada sebuah penginapan bernama Splendid Inn yang terletak tidak jauh dari lokasi pasar. Splendid Inn merupakan penginapan yang telah ada sejak zaman Belanda hingga saat ini. Lokasinya tepat di sebelah Wisma Tumapel, Balaikota Malang, Alun Alun Tugu dan Hotel Tugu.

Lokasi Pasar Splendid Malang


Pasar Splendid terdiri dari 3 jenis pasar diantaranya Pasar Bunga, Pasar Burung dan Pasar Ikan Hias. Ketiga pasar ini berada dalam sebuah area yang sama dan luas di kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen tepatnya pada jalan Brawijaya. 

Pasar Bunga dan Burung Malang atau yang sering disebut juga sebagai Pasar Manuk Splendid ini terletak sekitar 150 - 200 meter ke arah barat dari Balaikota Malang/Alun-Alun Tugu Malang/Hotel Tugu/Wisma Tumapel melalui Jalan Tumapel. Di sebelah timur pasar ada Hotel Sahid Montana sedangkan di sebelah utaranya (Jl. Kahuripan) ada Masjid A. Yani.

Baca juga: Wisma Tumapel Malang - Wisata Misteri dan Spot Foto Favorit

Akses masuk menuju Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias kota Malang di Jalan Brawijaya ini bisa dari 3 arah, diantaranya dari utara lewat Jalan Kahuripan, dari timur lewat Jalan Tumapel dan dari selatan dari Jalan Mojopahit. Pasar Bunga berada di utara jalan, pasar burung di selatan jalan sedangkan pasar ikan hias berada di dalam area yang sama dengan pasar burung. Lebih jelasnya bisa lihat pada Google Map di atas.


Pasar Bunga Splendid Malang

Ini adalah salah satu bagian di Pasar Bunga Splendid Kota Malang.
Jika kita masuk ke area Splendid dari arah Masjid A.Yani, kita akan melihat terlebih dahulu Pasar Bunga ini. Beberapa meter sebelum gerbang utama Pasar Bunga, di kiri kanan jalan ada deretan toko bunga, yang biasanya berupa bunga hias maupun krans bunga yang dikenal dengan Splendid Florist.

Masuk ke Pasar Bunga, pengunjung akan berjalan di jalan yang dipenuhi oleh aneka bunga di kiri maupun kanan jalan. Beberapa pohon yang lebat dan tinggi ada tunggu memberikan keteduhan pada pengunjung, sehingga pengunjung akan lebih santai dalam mengelilingi area pasar ini yang didominasi warna hijau daun serta warna-warni dari berbagai bunga yang dijual. Bunga yang ada di Pasar Bunga ini merupakan bunga hidup yang bisa dibeli pengunjung untuk di tanam di rumah masing-masing.

Untuk melihat setiap tanaman bunga yang ada di Pasar Bunga ini, pengunjung bisa dengan berjalan kaki. Tidak terlalu luas kok, jadi bisa berkeliling dengan bebas melihat tanaman bunga super lengkap dengan harga yang murah serta masih bisa ditawar. Kendaraan bisa diparkir tidak jauh dari gerbang utama Pasar Bunga, ada petugas parkir yang berjaga disitu.

Bunga-bunga yang dijual di Pasar Bunga Kota Malang ini terdiri dari berbagai jenis seperti tanaman hias dalam pot, rumput, tanaman potong, tanaman keras dan juga tanaman untuk hiasan rumah atau pesta-pesta tertentu. Jenis bunga yang dijual diantaranya seperti seperti anggrek (ratusan jenis seperti cataleya, bulan, vanda dendro, spider, biru, putih,  dsb), adenium, mawar, melati, matahari, lili, aster, chamomile, flamboyan, kosmos, dahlia, lotus, tulip dan lain sebagainya. 

Banyak jenis bunga yang dijual di Pasar Bunga Splendid Malang beberapa diantaranya bisa dilihat pada foto ini.
Berdasarkan penuturan pedagang bunga disini, jenis bunga anggrek mendominasi Pasar Bunga ini, dapat mencapai 75% dari seluruh bunga yang dijual. Banyak wisatawan mancanegara sering berkunjung ke sini hanya untuk membeli jenis anggrek terbaik.

Harga bunga anggrek ini dibanderol mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk yang harganya paling murah, biasanya merupakan anggrek dari pulau Jawa yang belum berbunga, biasanya masih di dapat di kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 50.000. Untuk anggrek jawa yang sudah berbunga, biasanya dijual diantara Rp. 100.000 – Rp. 150.000 (untuk jenis anggrek dari Jawa). Anggrek-anggrek yang berasal dari luar pulau Jawa harganya biasanya lebih mahal, bahkan ada yang mencapai Rp. 1.500.000. Pintar-pintar saja menawar saat ingin membeli tanaman bunga disini.

Selain tanaman bunga, ada juga jenis tanaman untuk buah-buahan serta jenis TOGA (tanaman obat keluarga) misalnya seperti tanaman stevia yang paling laris manis di Pasar Bunga ini. Pengunjung juga bisa membeli berbagai item yang berkaitan dengan bunga mulai dari pot bunga dari ukuran kecil sampai besar, bibit tanaman bunga serta buah-buahan, alat semprot, pupuk dan obat-obatan untuk bunga, tanah kompos untuk pot bunga, kayu khusus untuk bunga dinding seperti Anggrek dsb, rumput serta tanahnya. Jasa-jasa seperti pembuatan karangan bunga juga ada disini.

Pasar Burung Splendid Malang

Ini adalah suasana di Pasar Burung Splendid kota Malang yang saya abadikan fotonya.
Berbeda dengan Pasar Bunga yang menyerupai kebun raya, Pasar Burung Splendid terlihat lebih seperti pasar pada umumnya yaitu ramai dan banyak orang berlalu lalang, tidak terdapat pohon-pohon hijau serta bunga-bunga yang indah. Namun di Pasar Burung ini pengunjung bisa mendengarkan kicauan burung berbagai macam jenis yang banyak dijual disini, sehingga suasaananya bisa dikatakan sedikit mirip kebun binatang. 

Pasar Burung merupakan tempat asyik untuk jalan-jalan di Kota Malang. Pengunjung biasanya datang sekedar untuk jalan-jalan yang biasanya hanya ingin mendengarkan kicauan burung-burung tersebut yang indah didengar dan unik-unik. Pengunjung yang ingin membeli berbagai jenis burug tentu saja akan datang ke Pasar Burung Kota Malang ini.

Lokasi gerbang masuk Pasar Burung dari sebelah utara hanya terpaut kurang lebih 50 meter dari Pasar Bunga. Ada juga jalan masuk lainnya dari sisi yang berlawanan, dari arah jalan Mojopahit, dimana pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di bawah pohon-pohon yang besar dan berjalan masuk ke area Pasar Burung melewati sebuah jembatan. Pengunjung bisa memilih untuk berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor di area Pasar Burung.

Baca juga: Sumber Sirah Malang - Surga Bawah Air diantara Hutan dan Sawah

Di sepanjang jalan di dalam area Pasar Burung ini, akan banyak ditemukan berbagai macam burung dijual oleh para pedagang. Sangkar burung berbagai rupa juga tidak ketinggalan dijual disini. Selain burung, ada juga binatang peliharaan lainnya seperti kelinci, hamster, iguana, kucing, anjing, kura-kura, kadal/biawak, ayam, kera, musang, kelelawar dan sebagainya yang dijual di Pasar Burung. Itulah kenapa kadang Pasar Burung ini disebut juga sebagai Pasar Hewan Kota Malang, karena berbagai jenis hewan peliharaan dapat dibeli disini. Makanan burung serta berbagai jenis hewan peliharaan lainnya tersebut juga bisa dibeli di Pasar Burung Malang.


Jenis-jenis burung yang dijual disini cukup bervariasi diantaranya adalah Kutilang, Kenari, Jalak, Hantu, Punglor, Nuri, Gelatik, Jalak, Cucak Rowo, Cucak Ijo, Murai, Lovebird, Kakak Tua, Beo, Parkit, Bancit, Anis dan lain sebagainya. Burung-burung ini dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. 

Hasil tanya-tanya pada pedagang burung di pasar ini, ditemukan harga perkiraan pada daftar di bawah, yang dijual oleh sekitar 500 pedagang di pasar. Harga ini adalah perkiraan yang dapat berubah sewaktu-waktu, sekedar saya tulis disini hanya untuk membuat anda bisa memperkirakan budget yang disiapkan saat ingin belanja burung di Pasar Burung Kota Malang. Berikut ini daftar harga burung di Pasar Burung Splendid Malang:
  • Burung Anis: Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000
  • Burung Bancit: Rp. 50.000 – Rp. 1.000.000
  • Burung Beo: ± Rp. 1.000.000
  • Burung Branjangan: Rp. 200.000 – Rp. 2.500.000
  • Burung Cendet: Rp. 60.000 – Rp. 150.000
  • Burung Ciblet: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000
  • Burung Cucak Ijo: Rp. Rp. 150.00 – Rp. 1.500.000
  • Burung Gelatik: Rp. 50.000 – Rp. 200.000
  • Burung Jalak: Rp. 50.000 – Rp. 800.000
  • Burung Kenari: Rp. 200.000 – Rp. 5.000.000
  • Burung Kepodang: Rp. 250.000 – Rp. 500.000
  • Burung Kutilang: Rp. 30.000 – Rp. 150.000
  • Burung Lovebird: Rp. 200.000 – Rp. 1.500.000
  • Burung Manyar: Rp. 25.000 – Rp. 40.000
  • Burung Merpati: Rp. 20.000 – Rp. 150.000
  • Burung Murai: Rp. 200.000 – Rp. 500.000
  • Burung Parkit: Rp. 50.000 – Rp. 1.500.000
  • Burung Pelatuk: Rp. 50.000 – Rp. 200.000
  • Burung Pipit: Rp. 10.000
  • Burung Srindit: Rp. 50.00 – Rp. 150.000
  • dan masih banyak lagi jenis burung lainnya dengan kisaran harganya masing-masing.

Pasar Ikan Hias Splendid Malang

Jika ingin membeli ikan hias di kota Malang maka carilah di Pasar Ikan Hias Splendid
Pasar Splendid terdiri dari 2 jenis pasar yaitu pasar bunga dan pasar hewan. Pasar hewan sendiri ada 2 yaitu pasar burung yang telah dijelaskan di atas dan pasar ikan hias, yang menempati areal tersendiri bersebelahan dengan pasar burung.

Jika di Pasar Bunga menempati tempat terbuka dengan suasana yang asri, Pasar Burung seperti pasar pada umumnya dengan toko-toko pinggir jalan tempat sepeda maupun sepeda motor lewat,  Pasar Ikan Hias lebih sedikit tertutup, menyerupai kios-kios dalam pasar. Aquarium berisi ikan hias banyak dijejerkan pada setiap kios yang ada.

Di Pasar Ikan Hias ini, pengunjung atau pembeli, terutama para penggemar ikan hias, dapat membeli berbagai jenis ikan hias dengan jenis, ukuran, warna yang bervariasi misalnya ikan Koi, Niasa, Mas Koki, Arwana, Hiu Tawar, Red Zebra, Cupang, Komet, Guppy, Redfin, Sumatera dan lain sebagainya.

Harga yang ditawarkan oleh pedagang ikan hias ini cukup variatif dan cenderung murah, sehingga selalu menjadi tempat favorit masyarakat kota Malang maupun dari luar kota untuk mencari ikan hias kesukaan mereka.

Para pedagang ikan hias ini juga cukup bersahabat, pengunjung atau calon pembeli dapat menawar harga kepada mereka. Pedagang juga tidak segan-segan menjawab berbagai pertanyaan yang ditanyakan. Misalnya pertanyaan tentang cara perawatan, pembersihan aquarium, makanan ikan yang cocok atau bertanya tentang jenis ikan yang tidak boleh berada di dalam satu aquarium, untuk mengantisipasi ikan-ikan di dalam aquarium yang sama saling berkelahi. 

Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias Splendid Malang Sebagai Tempat Wisata

Pasar Splendid dapat dikatakan sebagai sebuah tempat wisata di Kota Malang, terutama bagi para pecinta bunga, burung, ikan hias serta hewan peliharaan lainnya.
Jika anda sudah bosan dengan jenis tempat wisata seperti wisata alam pantai, gunung, air terjun, sumber mata air dsb, atau tempat wisata buatan berupa taman rekreasi, museum, spot foto serta tempat wisata kuliner di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu), mungkin alternatifnya bisa berwisata ke Splendid Malang ini.

Meskipun anda tidak berniat untuk membeli bunga, burung dan hewan peliharaan lainnya serta ikan hias, anda bisa jalan-jalan menikmati suasana di Splendid ini. Anda bisa menikmati suasana seperti di alam terbuka dengan bunga-bunga indah di kiri dan kanan jalan saat berada di Pasar Bunga. Anda bisa menikmati kicauan burung yang merdu meskipun tempatnya sedikit ramai saat berada di Pasar Burung. Anda juga bisa mencuci mata dengan melihat warna-warninya ikan hias yang banyak di jual di Pasar Ikan Hias. Semua itu dapat dilakukan tanpa membayar, jika anda tidak berniat membeli, kecuali tarif parkir kendaraan anda pada petugas parkir.

Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias Splendid Malang ini dapat menjadi alternatif wisata edukasi seperti layaknya di Kebun Raya maupun Kebun Binatang. Pengunjung biasanya mengajak anak-anak untuk jalan-jalan di Pasar Splendid ini sambil menjelaskan tentang berbagai jenis bunga, burung, ikan hias dan sebagainya yang dipajang disini.

Pasar Bunga Splendid Malang selain sebagai tempat transaksi jual beli bunga, bisa juga sebagai tempat jalan-jalan asyik di kala suntuk.
Beberapa spot foto menarik bisa ditemukan di Pasar Splendid Malang ini, mulai dari taman berisi banyak bunga di dalam Pasar Bunga, selfie dengan burung-burung, hewan peliharaan atau ikan hias yang unik dan lucu-lucu (jangan kelamaan, bisa dimarahi pedagangnya loh. Haha) atau foto dengan latar suasana pasar Burung yang ramai dengan berbagai jenis sangkar warna-warni.

Masyarakat kota Malang maupun wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri sangat senang untuk jalan-jalan di Pasar Splendid Malang ini, terutama saat pagi hari. Lokasinya yang juga dekat dengan beberapa tempat wisata maupun ikon terkenal kota Malang seperti Alun-Alun Tugu, Wisma Tumapel, Gereja Kayu Tangan, Stasiun Malang, Museum Malang Tempoe Doeloe, Kampung Tridi Kesatrian, Kampung Warna Warni Jodipan serta Alun-Alun Kota Malang memudahkan akses ke berbagai tempat wisata tersebut. 

Banyaknya hotel, dimana beberapa diantaranya menjadi langganan turis mancanegara, yang terletak sangat dekat dengan Pasar Splendid ini membuat para wisatawan tersebut dapat menyempatkan waktu untuk jalan-jalan ke lokasi Splendid Malang. Beberapa hotel tersebut diantaranya adalah Hotel Tugu, Hotel Montana 1, Splendid Inn dan Hotel Kartika. 4 Hotel ini hanya berjarak kurang dari 200 meter dari lokasi Splendid Malang. Jadi bagi yang kebetulan sedang menginap di hotel-hotel tersebut, jangan lewatkan untuk jalan-jalan ke Pasar Splendid Malang saat pagi hari.

Jadwal Buka dan Tarif

Pedagang di Pasar Splendid ini kebanyakannya bertempat tinggal di situ, sehingga kadang dapat dibuka hingga 24 jam. Namun secara umum, para pedagang mulai membuka lapaknya pada subuh (sekitar pukul 04:00) hingga setelah maghrib (18:00).

Untuk jalan-jalan di area pasar, sebaiknya memarkirkan kendaraan di lokasi parkir yang telah di sediakan, yaitu di sebelah selatan dekat persimpangan Jalan Brawijaya dan Jalan Mojopahit, di antara Pasar Bunga dan Pasar Bunga (persimpangan antara Jl. Brawijaya dan Jl. Tumapel) dan di area depan Pasar Ikan Hias. Tarif parkir yang diterapkan diantaranya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4.

Rute Menuju Splendid Malang

Pasar Splendid Kota Malang terletak di Jalan Brawijaya, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen – Kota Malang. Lokasinya berada di pusat kota Malang sehingga mudah diakses dari mana saja. Jika naik kendaraan, bisa pergi ke arah Alun-Alun Tugu atau Balaikota Malang. 

Jika datang dari arah barat (dari arah Jalan Ijen atau Stadion Gajayana), lurus saat di perempatan traffick light BCA menuju Jalan Kahuripan (ke arah Balaikota), belok kanan ke Jalan Brawijaya saat i depan Masjid Jend. A. Yani, beberapa meter sebelum Alun-Alun Tugu atau Balaikota Malang.

Jika datang dari arah selatan atau dari arah Pasar Besar maupun Alun-Alun Kota Malang, belok kanan ke jalan Mojopahit tepat di persimpangan Gereja Kayu Tangan. Lihat ke sebelah kiri jalan tempat dimana banyak kendaraan parkir di bawah pohon besar dan ada jembatan di bawahnya. Itu adalah lokasi masuk Pasar Splendid dari arah selatan.

Jika datang dari arah timur, misalnya dari Stasiun Kota Malang, saat tiba di bundaran tugu, belok kiri ke jalan Mojopahit persis di sebelah gedung Balaikota. Langsung belok kanan lagi melalui Jl. Tumapel yang berada di antara Wisma Tumapel dan Splendid Inn. Beberapa meter setelah itu tiba di lokasi Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias Splendid Kota Malang.

Untuk lebih jelasnya mengenai rute ke Pasar Splendid ini bisa lihat pada peta di bawah ini, dengan patokan dari alun-alun kota Malang.



Angkutan Kota ke Pasar Splendid

Angkutan Kota ke Pasar Splendid Malang ini diantaranya sebagai berikut:
  • Turun di persimpangan Jalan Kahuripan - Jalan Brawijaya: Jalur ADL, AL, AT, dan MK
  • Turun di persimpangan Jalan Mojopahit - Jalan Tumapel: Jalur GA/HA, MK dan MM
  • Turun di persimpangan Jalan Mojopahit - Jalan Brawijaya: Jalur GA/HA, MK dan MM

Hotel dekat Pasar Splendid Malang

Jika anda ingin ke Kota Malang dan ingin menginap di hotel yang lokasinya dekat Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias Splendid Kota Malang, maka berikut ini adalah hotel-hotel tersebut:
  • Hotel Tugu (Jalan Tugu) *****
  • Splendid Inn (Jalan Tumapel) *
  • Hotel Sahid Montana (Jalan Kahuripan) ***
  • Hotel Kartika Kusuma (Jalan Kahuripan) *
4 Hotel diatas merupakan hotel paling dekat dengan Pasar Splendid, pengunjung bisa berjalan kaki dari hotel tersebut ke pasar. Masih ada beberapa hotel lainnya yang cukup dekat namun tidak disarankan untuk jalan kaki, diantaranya adalah Hotel Ollino Garden, Hotel Trio Indah 2, Hotel Pelangi dan Hotel Aloha.

Jalan Jalan Minggu Pagi ke Pasar Splendid Malang

Pasar Burung Splendid Malang juga menjadi tempat jalan jalan asyik serta spot foto keren di kota Malang.
Kota Malang adalah kota domisili saya selama 8 tahun sejak tahun 2008, tentu saja jalan-jalan ke berbagai tempat menarik di dalam lingkup kota Malang sangat mudah dan sering dilakukan. Selain karena lokasinya juga cukup dekat, kadang juga memang ada urusan tersendiri di tempat tersebut. Salah satu tempat menarik yang sering saya kunjungi adalah Pasar Splendid Malang ini.

Meskipun Splendid adalah Pasar yang jual bunga hias, burung, hewan peliharaan maupun ikan hias, saya lebih sering datang kesini untuk sekedar jalan-jalan santai di hari Minggu dan juga menyalurkan hobi jepret-jepret sembarang sana-sini. ๐Ÿ“ธ

Cuma sesekali saja datang ke Splendid untuk membeli bunga, apabila ada pesanan dari teman dan keluarga. Untuk burung, ikan hias apalagi hewan peliharaan, saya sebenarnya sama sekali tidak tertarik untuk memeliharanya. ๐Ÿ˜†

Beberapa lokasi yang tidak boleh terlewatkan saat jalan-jalan ke Splendid salah satunya ada di dalam Pasar Bunga. Meskipun namanya pasar, tapi suasana di Pasar Bunga cenderung tenang. Warna-warni bunga menarik akan memanjakan mata kita selama disini. Berbagai jenis bunga dengan warna, ukuran dan fungsi yang berbeda banyak dijual disini, walaupun yang paling mendominasi adalah bunga Anggrek. ๐Ÿ˜‘

Baca juga: Wisata Sengkaling Malang - Taman Rekrasi dan Food Festival

Memang Pasar Bunga ini tidak terlalu luas, tapi jika mau berjalan-jalan di pasar yang lebih mirip kebun raya ini, pengunjung bisa menghabiskan waktu yang lama, oleh karena setiap kali melangkahkan kaki, mata akan melihat satu per satu jenis bunga yang unik-unik tersebut.

Beberapa pohon tinggi, besar dan lebat banyak terdapat di sudut pasar. Salah satu tempat peristirahatan di area pasar bunga Splendid adalah pada Mushollah yang terhubung dengan jalan setapak menurun. Biasanya beberapa pengunjung suka menghabiskan waktu santai di sekitar Mushollah ini, oleh karena memang mau beribadah atau karena tertarik dengan kesejukan serta menarik sebagai tempat foto. ๐Ÿ˜™

Jika ingin mencari burung kicau di kota Malang, maka carilah di Pasar Burung Splendid.Kembali lagi ke atas, kali ini jalan-jalan ke Pasar Burung yang sangat ramai. Sangkar burung banyak dijejerkan di depan toko masing-masing. Warna-warni dari sangkar burung, serta burung beraneka rupa di dalamnya yang paling menarik dari Pasar Splendid ini. Para pengunjung biasanya sering terlihat menyempatkan diri untuk foto selfie bersama burung-burung disini, terutama yang unik-unik. Tapi sebelum berfoto selfie bersama burung-burung ini, sebaiknya meminta izin dulu kepada pedagangnya. Karena ada beberapa yang tidak suka jika hanya mau foto-foto disitu tanpa membeli. ๐Ÿ˜œ

Tidak jauh berbeda di pasar ikan hias, disini banyak ikan-ikan warna-warni dengan jenis yang bermacam-macam. Para pengunjung yang suka memelihara ikan hias, biasanya datang beli disini. Jika seperti saya yang tidak suka memelihara hewan peliharaan jenis apapun, biasanya lewat pasar ikan hias ini hanya untuk ‘cuci mata’ saja. ๐Ÿ˜Ž

Sebelum terus melangkah menuju gerbang masuk dari Jalan Mojopahit, ada jembatan penghubung dengan sungai yang tidak terlalu dalam di bawahnya. Di Jembatan ini juga ada beberapa pedagang burung dan hewan peliharaan lainnya. Sedangkan tidak jauh dari jembatan, tepatnya di parkiran selatan, ada pohon besar tempat para pengunjung maupun pedagang berteduh dan duduk santai.

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman jalan-jalan di Pasar Splendid ini, oleh karena saya biasanya hanya datang kesini untuk foto-foto suasana pasar. Penjelasannya sudah sangat lengkap di atas tadi. Namun jika dirasa masih kurang, bisa ditanyakan pada kotak komentar di bawah yah

Jangan lupa untuk terus mengikuti postingan terbaru dalam blog nnoart yah, beberapa postingan kedepan masih tentang tempat wisata menarik dalam kota Malang diantaranya alun-alun Tugu, alun-alun kota Malang, kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi sambil diselingi dengan beberapa tempat wisata di Bali. ๐Ÿ˜™

Koleksi Foto nnoart di Pasar Splendid Kota Malang

Tempat jual-beli bunga di kota Malang, Pasar Bunga Splendid.
Pasar Bunga 'Splendid' Kota Malang

Beberapa spot foto keren di Pasar Bunga Splendid Malang yang banyak terdapat bunga hias serta rumput hijau.
Spot Foto Keren di Kota Malang, Pasar Bunga 'Splendid'

Tempat jual beli burung di Kota Malang - Pasar Burung Splendid.
Pasar Burung 'Splendid' Kota Malang

Pasar Burung Splendid dapat menjadi spot foto keren di Kota Malang.
Spot Foto Keren di Kota Malang, Pasar Burung 'Splendid'

Banyaknya burung yang didagangkan di Pasar Burung Splendid Malang membuat aktivitas jual beli burung selalu ramai.
Pasar Burung 'Splendid' - Tempat Jual Beli Burung di Kota Malang

Banyak ikan hias di dalam aquarium yang bisa dibeli di Pasar Ikan Hias Splendid Kota Malang.
Ikan Hias dalam Aquarium di Pasar Ikan Hias 'Splendid' Malang

Keterangan foto:
Lokasi: Pasar Bunga, Burung dan Ikan Hias 'Splendid', Kel. Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang
Waktu: 16 Januari 2016 dan 24 Februari 2016


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment