. . .
Investasi Rumah Villa di Kota Batu Malang - Exotic Panderman Hill
Pesan hotel via Agoda? KLIK DISINI
Pesan hotel, tiket pesawat, kereta api, tiket tempat wisata atau sewa mobil via Tiket.Com? KLIK DISINI
Tiket tempat wisata dan watersport di Bali? KLIK DISINI

Tuesday, November 15, 2016

Pantai Jimbaran Bali - Sunset, Pasir Putih dan Tempat Makan Enak



Pantai Jimbaran Bali merupakan tempat yang terkenal sebagai pusat wisata kuliner atau tempat makan enak di Bali sekaligus menikmati sunset dan pasir putih.

Pantai Jimbaran Bali - Sunset, Pasir Putih dan Tempat Makan Enak - Bali memiliki pantai yang sangat banyak yang masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Ada pantai tempat para wisatawan bisa surfing dengan leluasa seperti di Pantai Kuta, Pantai Dreamland atau Pantai Suluban. Ada juga pantai dimana berbagai aktivitas watersport bermesin dapat dilakukan seperti di Watersport Tanjung Benoa dan Pantai Sanur. Belum lagi pantai-pantai dimana kita bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset.

Pantai Jimbaran Bali dalam tulisan nnoart kali merupakan pantai yang terkenal sebagai tempat bersantai menikmati pemandangan sunset sambil menikmati sajian seafood yang lezat dari restoran maupun rumah makan yang ada di sekitar pantai. Itulah sebabnya selain menjadi tempat wisata pantai, Pantai Jimbaran juga menjadi salah satu pusat wisata kuliner di Bali yang sering direkomendasikan oleh orang-orang sebagai tempat makan enak dan lezat, terutama untuk ikan bakar, cumi dan sebagainya. Pantai Jimbaran terletak di Desa Jimbaran, Kuta Selatan – Kabupaten Badung.

Dalam ulasan mengenai Pantai Jimbaran dalam blog nnoart kali ini, ada beberapa hal yang akan dibahas, mulai dari perkenalan singkat termasuk sejarah singkatnya, penjelasan mengenai lokasi dan rute menuju Pantai Jimbaran, daya tarik wisatanya mulai dari lembutnya pasir pantai, hangatnya sunset hingga sajian seafood yang tersedia serta informasi lain-lain seperti hotel dan restoran di Pantai Jimbaran dan tidak lupa catatan perjalanan dari saya sendiri serta foto-foto Pantai Jimbaran hasil hunting tahun 2015 yang semuanya saya tulis dalam blog www.nnoart.com ini.

Sekilas Sejarah Pantai Jimbaran

Suasana saat sore dan malam di Pantai Jimbaran Bali yang ramai.
Pantai Jimbaran terletak di Desa Jimbaran yang dulunya merupakan perkampungan nelayan dimana masyarakat setempat bekerja sebagai penangkap ikan di laut. Desa Jimbaran juga merupakan lokasi pasar ikan maupun tempat pelelangan ikan utama kabupaten Badung, dimana ikan-ikan segar dapat diperoleh dengan mudah di sini, baik itu di Pantai Jimbaran maupun Pantai Kedonganan disebelahnya.

Keadaan pantai Jimbaran yang bersih serta pemandangan yang indah membuat Pantai Jimbaran mulai dilirik para investor. Pada awal tahun 1988, Desa Jimbaran mulai dikembangkan sebagai salah satu kawasan wisata di Bali. Hotel-hotel, resor, vila serta restoran mulai dibangun pada saat itu. Hingga akhirnya pada tahun 1992 didirikannya hotel Four Seasons Jimbaran yang namanya sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Hotel-hotel seperti Four Seasons merupakan salah satu hotel terkenal yang ada di berbagai wilayah di dunia, yang biasanya didirikan di tempat-tempat terbaik pada suatu wilayah. Semakin berkembangnya hotel-hotel serta restoran di Jimbaran membuat masyarakat setempat sebagiannya beralih pekerjaan dari nelayan penangkap ikan menjadi pekerja di bidang pariwisata seperti staf hotel, membuka warung atau restoran khusus seafood sendiri, jasa travel, pemandu wisata, penjaga pantai, instruktur selancar dan lain sebagainya. 

Menjadi pusat pelelangan ikan sekaligus banyaknya restoran maupun warung makan yang menyajikan hidangan seafood membuat Jimbaran menjadi sangat terkenal sebagai pusat wisata kuliner seafood Bali. Apalagi ditambah keindahan Pantai Jimbaran yang menawan tersebut, lengkap sudah jika ingin mencuci mata sekaligus memuaskan lidah.

Baca juga tentang: Pantai Pandawa Bali - Tempat Wisata Populer Terbaru

Salah satu kejadian besar yang berlokasi di Jimbaran adalah Bom Bali II tanggal 1 Oktober 2005 lalu. Beberapa cafe hancur karena ledakan tersebut diantaranya cafe Nyoman dan cafe Menega. Setelah Bom Bali II, justru Pantai Jimbaran malah semakin terkenal di seluruh dunia dan menjadi semakin ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati sajian seafood yang menjadi daya tarik utama Pantai Jimbaran.




Lokasi Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran terletak di Desa Jimbaran, salah satu desa wisata terkenal di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pantai Jimbaran berbatasan dengan Pantai Muaya di ujung selatan dan Pantai Kedonganan di ujung utara. Untuk lebih jelasnya mengenai peta lokasi Pantai Jimbaran Bali dapat dilihat pada peta rute Google Map di bawah.

Rute dan Cara Menuju Pantai Jimbaran

Karena lokasinya masih di area Kuta, membuat akses menuju Pantai Jimbaran ini cukup mudah dan dekat. Jika berkendara dari Bandara Ngurah Rai, kira-kira hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan. Dari wilayah Pantai Kuta, bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 15 – 20 menit. Sedangkan dari kota Denpasar memakan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit.

Untuk menuju Pantai Jimbaran, bisa mengikuti Jalan By Pass Ngurah Rai menuju ke arah selatan, kurang lebih dari diantara 1 kilometer sebelum tiba di simpang 4 kampus Universitas Udayana, belok kanan menuju ke arah Jalan Raya Uluwatu. Jika datang dari arah utara, Pantai Jimbaran terletak setelah Pantai Kedonganan. Jika datang dari selatan Pantai Jimbaran dimulai dari Four Seasons Hotel atau setelah Pantai Muaya. Rute selengkapnya menuju Pantai Jimbaran Bali bisa dilihat pada Google Map di bawah ini, yang merupakan rute ke Pantai Jimbaran dari bandara Ngurah Rai:


Sedangkan untuk cara ke Pantai Jimbaran, bisa menggunakan taksi, ojek (pangkalan/online), sewa mobil (dengan atau tanpa driver) atau sewa sepeda motor. Biaya taksi dari kawasan Kuta ke Jimbaran biasanya dapat mencapai Rp. 100.000 untuk sekali jalan. Akan lebih murah dengan menyewa mobil + driver, dimana bisa digunakan untuk berkeliling sepuasnya selama berjam-jam di area Bali dengan tarif rata-rata Rp. 500.000 per 8 hingga 10 jam. Sedangkan untuk menyewa sepeda motor biasanya dikenakan tarif Rp. 75.000/hari. Ada juga yang Rp. 50.000/hari, tapi sulit ketemunya di kawasan Kuta.

Pasir Putih Bersih Pantai Jimbaran

Pasir putih kekuning-kuningan serta tekstur yang agak lembut merupakan salah satu ciri khas dari Pantai Jimbaran yang tentunya membuat para wisatawan tertarik kesini. Selain karena putih dan lembutnya pasir pantai, kebersihan dari pantai ini selalu terjaga berkat kerja keras petugas kebersihan di pantai ini setiap harinya.

Hotel-hotel yang berada di tepian pantai Jimbaran Bali seperti Four Seasons Jimbaran serta Intercontinental juga selalu  berupaya untuk menjaga kebersihan pantai. Bahkan seringkali hotel-hotel ini mengadakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan Pantai Jimbaran dari sampah.


Pemandangan Sunset Khas Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan pantai barat pulau Bali, sehingga di pantai ini para pengunjung dapat menyaksikan sunset yang menawan. Saat sore hari dimana laut surut garis pantai menjadi sangat lebar, menimbulkan refleksi yang indah pada pasir pantai yang basah, disertai semburat cahaya matahari terbenam yang kemerahan serta suara hempasan ombak di kejauhan. Terkadang di sebelah timur laut Pantai Jimbaran dapat terlihat pesawat-pesawat yang mendarat atau lepas landas di Bandara Ngurah Rai, meskipun agak jauh, tidak seperti di Pantai Kedonganan atau yang lebih dekat di Pantai Kelan. Inilah Pantai Jimbaran, salah satu lokasi sunset terbaik di Bali.

Baca juga tentang: Pantai Kuta Bali - Wisata Populer dengan Fasilitas Terlengkap

Keindahan sunset ini dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menyaksikan langsung ditemani sajian seafood khas Pantai Jimbaran yang menggugah selera. Pada saat sore menjelang sunset hingga malam hari merupakan saat-saat paling ramai di Pantai Jimbaran, namun pengunjung tidak perlu khawatir soal tempat parkir, karena areal parkir di sekitar Pantai Jimbaran ini cukup luas.

Pemandangan indah seperti ini jarang dilewatkan oleh hotel-hotel di tepian pantai Jimbaran. Seringkali digelar berbagai pesta di hotel-hotel tepian pantai, yang mengambil waktu pada sore menjelang sunset. Pada waktu sore hari juga akan banyak terlihat semakin banyak restoran atau kafe yang mulai buka dan meletakkan kursi-kursi duduk serta meja makan di tepian pantai, yang menambah keunikan pemandangan yang tersaji di Pantai Jimbaran.

Wisata Kuliner Pantai Jimbaran, Tempat Makan Enak serta Dinner Romantis di Bali

Suasana makan malam (dinner) yang romantis dapat dirasakan di Pantai Jimbaran Bali.Dengan keindahan pasir pantai serta keindahan sunset di Pantai Jimbaran, tidak lengkap jika tidak membahas mengenai hidangan kuliner di Pantai Jimbaran Bali. Bisa dibilang keindahan pantai tersebut adalah pelengkap, karena ada banyak pantai di Bali yang memiliki pemandangan menyerupai Pantai Jimbaran. Tapi soal wisata kuliner, Pantai Jimbaran termasuk salah satu tempat makan enak di Bali, bahkan dapat dikatakan yang terbaik. Pantai Jimbaran juga terkenal sebagai tempat dinner romantis di Bali.

Restoran atau kafe yang terletak di tepi Pantai Jimbaran cukup banyak, yang biasanya dibuka pada sore hingga malam hari. Kafe-kafe ini  biasanya menyajikan makanan laut dengan berbagai macam olahan, yang biasanya dibakar. Mulai dari ikan, udang, kerang, lobster atau kepiting, cumi-cumi dan sebagainya. Sajian utama itu bisa dinikmati bersama dengan nasi, sayur-sayuran, sambal yang bervariasi, sayur plecing dan sebagainya.

Tidak lengkap jika makan-makanan lezat di Pantai Jimbaran jika tidak disertai minuman es kelapa muda. Jika anda sedang tidak ingin makan, anda bisa memilih untuk minum es kelapa muda saja. Di kafe-kafe ini juga tersedia minuman-minuman lainnya, termasuk minuman beralkohol seperti bir.

Jika ingin memesan ikan atau hidangan seafood lainnya, pengunjung dapat dengan bebas memesan, dengan harga yang bervariasi untuk setiap gram atau ons untuk masing-masing jenis ikan/udang/cumi dsb yang dipesan. Penjelasan mengenai harga dijelaskan di bawah.

Harga Seafood di Pantai Jimbaran Bali

Mengenai harga makanan seafood yang ada di restoran/kafe di Pantai Jimbaran, berdasarkan hasil tanya-tanya serta mengecek di berbagai situs restoran/kafe di sepanjang Pantai Jimbaran, harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp. 50.000/orang, ada juga yang mulai dari harga Rp. 100.000/orang, yang dapat dikatakan harga termurah untuk sebagian besar restoran/kafe yang ada di Pantai Jimbaran. Sedangkan untuk Rp. 300.000/orang Rp. 400.000/orang, pengunjung sudah dapat menikmati menu terbaik yang disajikan oleh kebanyakan restoran yang ada di Pantai Jimbaran.

Untuk menu murah meriah, biasanya yang didapatkan sudah cukup lezat, seperti ikan bakar 300 gr, kerang, nasi, sayuran kangkung, air mineral serta buah-buahan. Biasanya menu seperti ini dipatok harga sekitar Rp. 50.000 – Rp. 75.000/orang.

Selain memesan menu yang memang paling murah, ada lagi cara lainnya untuk mendapatkan harga murah dari hidangan seafood yang ada di Jimbaran, yaitu dengan membawa rombongan minimal 10 orang, biasanya bisa mendapatkan potongan harga khusus yang dapat mencapai Rp. 10.000 – Rp. 30.000 per orang. Atau bisa memesan menu ukuran jumbo (biasanya lobster atau ikan besar), yang bisa dinikmati oleh lebih dari 4 orang yang biasanya harganya dimulai dari Rp. 250.000 hingga Rp. 400.000.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan saat ingin mendapatkan harga yang murah, yaitu minta harga lokal, jika tidak biaya makan anda biasanya akan dikenakan biaya bule yang relatif lebih mahal. Jadi, tertarikkah adan untuk berwisata kuliner di Pantai Jimbaran Bali??

Atraksi Wisata Lainnya di Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali cocok sebagai tempat ber-stand up paddling.
Selain menikmati pemandangan dan sajian kuliner yang lezat, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya di pantai ini. Hanya bedanya, di Pantai Jimbaran tidak diizinkan aktivitas watersport yang menggunakan mesin, misalnya jet ski, parasailing, banana boat dsb. Pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti surfing maupun stand up paddling (SUP), berenang, jalan-jalan santai di tepian pantai, berjemur serta aktivitas lainnya seperti membeli jajanan di pedagang keliling atau warung makan kecil, dipijat oleh tukang pijat yang biasanya ada di pantai dan aktivitas-aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di pantai.

Beli Ikan Segar Murah Langsung dari Nelayan

Jika anda hanya ingin membeli ikan yang masih segar untuk di bawa pulang, anda bisa membelinya di pasar-pasar ikan di dekat Pantai Jimbaran hingga Pantai Kedonganan. Harganya relatif murah oleh karena anda membelinya langsung dari nelayan yang menangkap ikannya.

Harga Tiket Masuk, Parkir dan Harga-Harga Lainnya

Pantai-pantai di Bali sebagian besarnya tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalam areanya, termasuk Pantai Jimbaran ini. Yang perlu dibayar ketika mengunjungi Pantai Jimbaran adalah karcis parkir, yang biasanya berlaku Rp. 2000/motor, Rp. 5000/mobil dan Rp. 10.000/bus besar. Ada juga beberapa areal parkir yang digratiskan oleh restoran/kafe bagi para pengunjungnya.

Jadwal Buka/Tutup Pantai Jimbaran

Pengunjung sudah dapat mengunjungi Pantai Jimbaran dari subuh hingga malam hari, tidak ada ketentuan khusus mengenai jam buka tutup area Pantai Jimbaran. Akan tetapi, buat pengunjung yang ingin menikmati sajian seafood di Pantai Jimbaran, restoran-restoran atau kafe yang ada beberapa diantaranya dibuka pada pukul 10.00 WITA, dan akan lebih banyak lagi yang buka (biasanya kursi-kursi mulai di keluarkan ke tepi pantai) mulai sore hari menjelang sunset.

Rekomendasi Restoran/Kafe di Pantai Jimbaran Bali

Rekomendasi restoran atau kafe yang menjadi tempat makan enak di Pantai Jimbaran Bali.
Terdapat cukup banyak restoran atau kafe yang berada di tepian pantai Jimbaran, yang menyajikan makanan yang lezat serta pelayanan yang mungkin bervariasi antara satu restoran dan restoran lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran di internet, mulai dari review blogger, forum online (kaskus) dan sumber informasi lainnya (yang jelas bukan iklan atau promosi dari para pemilik restoran/kafe tersebut. hehee), Menega Cafe yang terletak di Jalan Four Seasons Muaya Beach adalah yang paling banyak direkomendasikan. Menega Cafe termasuk yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan, supir taksi maupun masyarakat setempat. Menega Cafe cukup terkenal sehingga menjadi paling ramai dibandingkan restoran atau kafe lainnya di Jimbaran. Banyak yang merekomendasikan Menega Cafe karena harga wajar serta menu lezat. Namun karena paling ramai, minusnya adalah waktu tunggunya sangat lama. 

Selain Menega Cafe, masih ada beberapa lainnya di sarankan, namun lokasinya berada dari Pantai Kedonganan hingga Pantai Kelan, seperti Ganesha Cafe (Pantai Kedonganan), Bella Seafood (Pantai Kedonganan), Ramayana Cafe (dekat Pasar Jimbaran), Nyoman Cafe, Blue Ocean dan sebagainya 

Hotel dekat Pantai Jimbaran Bali

Terdapat beberapa hotel di Bali dekat Pantai Jimbaran yang nnoart dapatkan informasi jaraknya dari Agoda, diantaranya sebagai berikut:
  1. Luxury 3 Bedrooms Villa by Jimbaran Bay (*****) | 140 meter
  2. Karma Jimbaran (*****) | 180 meter
  3. Jimbaran Bay Beach Residence (****) | 220 meter
  4. Bali Baliku Beach Front Luxury Private Pool Villa Jimbaran (****) | 240 meter
  5. Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay (*****) | 240 meter
  6. Le Meridien Bali Jimbaran Hotel (*****) | 250 meter
  7. Villa CassaMia Bali (****) | 250 meter
  8. Cassamia Bali (****) | 250 meter
  9. Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali (*****) | 340 meter
  10. Villa Mars Jimbaran (****) | 350 meter
  11. Kupu Kupu Jimbaran – Beach Club and Spa by L’OCCITANE (*****) | 370 meter
  12. Sunset Villa Balangan (****) | 380 meter
  13. Villa Full Moon (****) | 390 meter
  14. Temple Hill Residence Villa (*****) | 400 meter
  15. InterContinental Bali Resort (*****) | 420 meter

Jalan Jalan Ke Pantai Jimbaran Bali

Ini adalah saya sendiri, Ninno Emanuel, saat sedang berada di Pantai Jimbaran Bali.
Sebelumnya saya pernah menulis mengenai catatan perjalanan ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di dalam blog nnoart ini. Jumat, 30 Oktober 2015, setelah puas jalan-jalan di GWK Cultural Park, saya ingin kembali ke hotel untuk check-out. Tapi karena masih ada waktu yang cukup sebelum waktu check-out, saya berniat untuk singgah di salah satu tempat wisata yang searah dari GWK ke Kartika Plaza. Diantara Pantai Jimbaran dan Pantai Kedonganan, akhirnya saya memutuskan untuk ke Pantai Jimbaran saja, meskipun masih siang hari dimana belum bisa mendapatkan foto momen dinner romantis di kala sunset sebagai ciri khas Pantai Jimbaran.

Dari GWK menuju Pantai Jimbaran, saya melewati Four Seasons Hotel. Pada persimpangan sebelum Four Seasons Hotel, sempat ingin mengganti rute perjalanan ke Pantai Tegal Wangi, bahkan sudah hampir sampai disana, namun karena suasana di jalan menuju Pantai Tegal Wangi sangat sepi dan pantai ini masih asing namanya bagi saya, saya membatalkan niat ke pantai tersebut. Kembali lagi ke jalur yang benar hingga akhirnya tiba juga di Pantai Jimbaran, tepatnya di area Pantai Muaya, dimana banyak terdapat restoran/kafe tepi pantai, termasuk Menega Cafe yang terkenal itu.

Baca juga tentang: Pantai Dreamland Bali, Pesona Pasir Putih dan Ombak Bergulung

Saya hanya memarkirkan sepeda motor di depan pagar pembatas antara jalan dan pantai, bukan di tempat parkir khusus. Hal tersebut saya lakukan karena melihat cukup banyak juga yang memarkirkan motornya disitu. Saat itu tidak ada petugas parkir yang berjaga, tapi katanya sih cukup aman buat parkir motor disitu. 

Tawar menawar harga antara wisatawan dengan pedagang keliling di Pantai Jimbaran Bali.
Singkat kata, saat itu sekitar pukul 11 atau 12 siang (kalau tidak salah ingat), jadi kondisinya cukup panas. Pengunjungnya tidak terlalu ramai. Hanya terlihat pengunjung yang berjemur di bawah terik matahari, sekedar duduk di kursi jemur, ada yang berjalan di tepian pantai, ada yang sedang asyik berenang ada juga yang sedang bermain stand-up paddling. Beberapa tukang pijat serta pedagang keliling tampak sedang menjalankan tugasnya, ada juga yang asyik bercengkerama dengan wisatawan yang kebanyakannya adalah wisatawan mancanegara.

Restoran-restoran atau kafe di tepian pantai banyak yang belum dibuka. Kursi maupun meja kebanyakannya masih dalam posisi terbalik, belum bisa digunakan untuk duduk santai dan memesan makanan. Meskipun ada yang buka, jarang terlihat pengunjung sedang bersantap di meja-meja makan tersebut, tidak seperti saat malam hari.

Di sudut tertentu nampak ada penjaga pantai yang berjaga-jaga dengan mengamati setiap turis yang sedang ada di laut. Bapak-bapak ini hanya mengenakan celana pendek tanpa mengenakan baju, yang sepertinya siap kapan saja untuk terjun ke laut jika ada hal tidak diinginkan terjadi. Sesekali saya mengobrol dengan beliau bertanya-tanya tentang kejadian-kejadian menarik selama menjadi petugas penjaga pantai.

Jika telah bosan melakukan sesuatu di Pantai Jimbaran Bali, sempatkan diri anda untuk update status atau upload foto anda saat di Pantai Jimbaran Bali, yang sepertinya sedang dilakukan turis ini.
Karena cuacanya sangat panas, saya sampai 2x membeli botol coca-cola dingin. Memang saya datang ke Pantai Jimbaran ini pada saat yang kurang tepat, dimana mataharinya sangat terik serta gambaran suasana menarik dari Pantai Jimbaran, seperti sunset dan suasana ketika meja dan kursi makan berjejeran di tepian pantai belum bisa terlihat. Waktu yang saya habiskan di Pantai Jimbaran ini tidak sampai satu jam, hanya sekedar memotret aktivitas pengunjung yang dapat terlihat pada siang itu, tanpa sunset dan tanpa tumpah ruahnya pengunjung, meja dan kursi makan khas Pantai Jimbaran Bali.

Setelah selesai foto-foto di Pantai Jimbaran, saya akhirnya kembali ke hotel di area Kartika Plaza, Hotel Bintang Kuta, untuk check-out segera dan melanjutkan perjalanan ke kota Denpasar untuk menginap di kosan saudara.

Pada sore hari itu, saya kembali lagi ke Pantai Jimbaran untuk menangkap momen sunset setelah jalan-jalan di Pantai Segara Ayu dan Pantai Sindhu di kawasan Sanur (tulisannya sudah ada juga dalam blog nnoart ini). Tapi karena salah memperkirakan waktu tempuh perjalanan, saya tiba di Pantai Jimbaran saat telah gelap. Saat-saat terakhir sunset di hari itu, saya masih dalam perjalanan di dalam Tol Bali Mandara. Hilang lagi momen sunset di Bali.

Pantai Jimbaran Bali juga sangat rekomendasikan sebagai tempat jalan-jalan santai bagi anda.Kamera yang saya gunakan kurang bagus untuk foto saat malam, apalagi tanpa membawa tripod dan kondisi baterai yang sudah sangat drop. Hampir semua foto di Pantai Jimbaran pada malam itu hasilnya blur. Foto pada malam hari di Pantai Jimbaran itu bisa dilihat artikel ini yang semuanya blur. Karena sudah malas dengan foto-foto di malam itu, sayapun memutuskan untuk makan malam sekalian di Jimbaran dan setelah itu langsung ke arah kosan saudara di area Sesetan Kota Denpasar.

Ini adalah tulisan terakhir tentang tempat wisata di Bali yang saya datangi pada tahun 2015. Beberapa tempat wisata sebelum dan setelah Pantai Jimbaran di tahun 2015 ini telah saya tulis dalam nnoart diantaranya mulai dari Tanah Lot, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, Pantai Matahari Terbit, Pantai Sanur, Pura Ulun Danu Beratan dan Pantai Melasti. 

Masih ada lagi tulisan tentang tempat wisata di Bali yang saya datangi pada tahun 2016 namun belum sempat saya tulis diantaranya Pantai Suluban (Blue Point Beach), Pantai Padang Padang (Labuan Sait), Pantai Legian, Pantai Double-Six Seminyak, Watersport Tanjung Benoa, Pantai Geger Nusa Dua dan Pantai Green Bowl. Oleh sebab itu, nantikan terus setiap ulasan tempat wisata oleh saya, Ninno Emanuel, dalam blog nnoart.com ini yah. Sampai jumpa di tulisan berikutnya tentang tempat wisata di Bali.

Koleksi Foto nnoart di Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali merupakan pantai berpasir putih.
Pasir putih Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali juga menjadi tempat yang tepat untuk berjemur di bawah terik matahari.
Para pengunjung sedang berjemur di Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali sangat cocok sebagai tempat jalan santai.
Para pengunjung berjalan santai di Pantai Jimbaran Bali

Jika malas melakukan sesuatu,bisa tiduran santai di Pantai Jimbaran Bali.
Ada juga yang tiduran santai di Pantai Jimbaran Bali

Sekedar mengamati suasana di Pantai Jimbaran Bali saat siang hari.
Sekedar mengamati suasana di Pantai Jimbaran

Tidak lupa untuk bermain air (berenang) di Pantai Jimbaran Bali.
Jangan lupa untuk bermain air di Pantai Jimbaran

Keterangan:
Lokasi: Pantai Jimbaran, Ds. Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
Waktu: 30 Oktober 2015



SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment