. . .

Wednesday, August 24, 2016

Pantai Pandawa Bali - Tempat Wisata Populer Terbaru



Pantai Pandawa Bali - Ulasan, foto/gambar oleh nnoart.

Pantai Pandawa Bali - tempat wisata populer terbaru - Wilayah ujung selatan pulau Bali sepertinya selalu saja memiliki pantai-pantai yang bisa sangat populer ke seluruh dunia. Beberapa pantai yang terletak di kecamatan Kuta dan Kuta Selatan Kabupaten Badung sebagian besarnya merupakan pantai-pantai terkenal di Indonesia bahkan dunia, sebut saja pantai Kuta, Legian, Blue Point, Balangan dan yang teranyar adalah Pantai Pandawa, pantai yang saat ini masuk dalam salah satu tempat wisata paling populer di Bali bersaing dengan Pantai Kuta, Tanah Lot, Pantai Sanur, Uluwatu maupun Pura Ulun Danu Beratan.

Popularitas pantai Pandawa bisa dilihat dari begitu banyaknya wisatawan di Bali baik itu yang domestik maupun mancanegara meng-upload foto-foto mereka di pantai yang terletak di Desa Kutuh ini. Sebelum menggunakan nama Pantai Pandawa atau belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata, Pantai Pandawa sering disebut sebagai Secret Beach oleh wisatawan mancanegara dan disebut Pantai Kutuh oleh penduduk setempat maupun wisatawan Indonesia.

Pantai Pandawa memiliki panjang mencapai 1 kilometer yang dibatasi oleh tebing kapur yang tinggi, sehingga pemandangan dari atas tebing maupun dari bawah tebing akan terlihat sangat menawan. Pantai Pandawa juga saat ini dapat diakses dengan mudah karena jalan menuju pantai ini cukup mulus. Selain itu fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Pandawa cukup lengkap, yang semuanya akan diulas secara tuntas dalam blog nnoart ini.

Dalam ulasan ini, blog nnoart akan memberikan review serta informasi yang lengkap tentang Pantai Pandawa Bali mulai dari lokasi Pantai Pandawa, sejarah Pantai Pandawa, daya tarik, tiket masuk Pantai Pandawa, rute menuju objek wisata ini, fasilitas yang tersedia, hotel terdekat, catatan perjalanan penulis serta foto atau gambar Pantai Pandawa hasil tangkapan kamera penulis. Berikut ini ulasan Pantai Pandawa dalam nnoart:

Lokasi Pantai Pandawa



Letak/lokasi Pantai Pandawa adalah di Desa Kutuh, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Kuta Selatan, kecamatan terujung pulau Bali dan merupakan bagian dari Kabupaten Badung. Meskipun terletak di ujung, namun lokasinya cukup dekat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kurang lebih 18 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi Pantai Pandawa dapat dilihat pada Google Maps diatas, sedangkan untuk rute atau jalan menuju Pantai Pandawa dapat dibaca tulisannya pada bagian rute di bawah nanti.


Sekilas Sejarah Pantai Pandawa Bali


Pantai Pandawa Bali memiliki sebuah sejarah singkat yang diulas dalam blog nnoart.
Sebelum terkenal dengan nama Pantai Pandawa (Pandawa Beach), pantai ini lebih dulu dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai Secret Beach (Pantai Rahasia). Dinamakan demikian oleh karena terletak di wilayah yang sangat terpencil dan jarang terekspos. Para wisatawan mancanegara yang ke Secret Beach ini merasa sangat terjaga privasinya dan sangat bebas saat berada di sana.

Pantai ini juga dulunya dikenal sebagai Pantai Kutuh oleh wisatawan lokal atau penduduk setempat, oleh karena lokasinya yang berada di desa adat Kutuh. Namun setelah dikembangkan menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Badung atau Provinsi Bali secara umumnya, pantai ini akhirnya dinamakan Pantai Pandawa, sesuai dengan patung-patung Pandawa 5 yang terukir di tebing sebelum masuk area pantai.

Pantai yang dulunya cukup sulit untuk diakses, sekarang sudah dapat dengan mudah diakses oleh karena adanya pembangunan jalan sepanjang 1,5 kilometer dari jalan utama menuju ke pantai. Pembangunan fasilitas wisata seperti hotel, resor dan sebagainya saat ini masih terus dilakukan di sekitar pantai.

Beli Tiket Atraksi Wisata di Bali


Daya Tarik Pantai Pandawa Bali


Daya tarik pantai Pandawa Bali yang diabadikan oleh nnoart.
Sebelum masuk ke area Pantai Pandawa, kita akan disuguhkan dengan pemandangan tebing kapur yang menjulang tinggi di kiri dan kanan jalan dan pemandangan pantai yang indah di depannya menanti. Pantai Pandawa terletak di ujung paling selatan pulau Bali dimana pada wilayah ini pantai-pantainya terkenal sebagai pantai-pantai dengan pasir putih kekuningan yang bersih dan lembut, air laut yang jernih serta cukup jauh dari keramaian. Saat laut surut, pemandangan di Pantai Pandawa ini akan terlihat lebih indah dibandingkan saat pasang.

Tebing yang terletak di sekitar Pantai Pandawa ini dipahat 5 patung Pandawa dan Kunti, itulah sebabnya pantai ini akhirnya dinamakan Pantai Pandawa (Pandawa Beach). Patung-patung tersebut dapat dilihat setelah melewati papan nama Pantai Pandawa yang berwarna jingga. Patung-patung ini terukir di tebing sebelah kiri jalan, mulai dari patung Dewi Kunti, dilanjutkan dengan 5 Pandawa diantaranya patung Dharma Wangsa (nama lain Yudistira), patung Bima, patung Arjuna, patung Nakula dan patung Sahadewa. Masing-masing dari patung tersebut memiliki tinggi mencapai 5 meter dengan lebar 2,5 meter.

Baca juga: Pantai Melasti Bali, Surga di Balik Tebing Kapur Berkelok 

Selain keindahan pemandangan alam Pantai Pandawa serta keberadaan patung-patung Pandawa, Pantai Pandawa juga memiliki berbagai sarana watersport yang menarik untuk dilakukan bersama keluarga. Salah satu aktivitas watersport yang sangat disukai pengunjung Pantai Pandawa dari anak-anak hingga dewasa adalah Kayak dan Kano. Saat laut surut, Pantai Pandawa akan terlihat ramai dengan para pengunjung yang sedang ber-kayaking maupun yang sedang ber-canoeing.

Daya tarik lainnya yang mungkin diabaikan oleh pengunjung Pantai Pandawa adalah sebagai tempat budidaya rumput laut. Saat laut surut di siang hari, Pantai Pandawa akan terlihat lebih indah salah satu alasannya karena adanya rumput laut tersebut. Pemandangan indah yang mungkin diabaikan pengunjung saat pagi hari yaitu ketika rumput laut dijemur dan sinar mentari pagi menerpanya. Jangan sampai melewatkan pemandangan yang jarang terekspos tersebut saat ke Pantai Pandawa Bali.

Oleh karena keindahan pantai Pandawa, sinetron-sinetron maupun FTV kerapkali menjadikan pantai Pandawa sebagai latar tempat pengambilan gambarnya. Hal tersebutlah yang juga menjadi salah satu pemicu terkenalnya Pantai Pandawa Bali.


Hal-hal yang dapat dilakukan di Pantai Pandawa


Mungkin dari pembaca semuanya penasaran dengan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan di Pantai Pandawa Bali .Oleh karena itu nnoart memberikan beberapa daftar aktivitas favorit yang dapat dilakukan saat sedang berwisata ke Pantai Pandawa Bali ini.

Anda dapat melakukan aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung saat ke pantai, misalnya bermain air, berenang, bermain pasir, berjalan menyusuri pantai dan tidak lupa foto-foto, yang biasanya para pengunjung selalu berfoto dengan latar tulisan Pantai Pandawa berwarna putih yang berada di puncak tebing. Selain aktivitas yang sudah biasa itu, ada aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa, yaitu sebagai berikut:

Duduk santai di kursi santai
Bersantai di kursi santai atau kursi jemur sambil minum es kelapa muda maupun minuman dingin lainnya sangat menarik untuk dilakukan saat di Pantai Pandawa. Kursi santai/jemur disertai payung ini biasanya disewakan dengan tarif 50 ribu rupiah selama 3 jam. Jika anda ingin berhemat, bisa juga dengan duduk di warung-warung tepi pantai yang cukup banyak terdapat di Pantai Pandawa Bali ini.

Bermain Kano atau Kayak
Aktivitas kano di Pantai Pandawa Bali adalah salah satu aktivitas watersport favorit wisatawan.
Saat rekreasi ke Pantai Pandawa Bali, ada beberapa aktivitas watersport yang dapat dilakukan diantaranya adalah bermain Kano maupun Kayak, yang biasanya dapat dilakukan saat laut surut. Dengan daya tampung mencapai 3 orang, anda bisa melakukannya berdua bersama seseorang yang spesial. Anda juga bisa memilih duduk santai di dalam kano maupun kayak, biasanya pengelola setempat juga dapat menjadi pendayung bagi anda. Aktivitas ini  cukup aman dilakukan karena biasanya dilakukan saat air laut surut yang tentunya sangat tenang dan cukup dangkal. Selain itu tersedia pula life jacket (jaket pelampung) serta life guard yang selalu memantau dari pinggir pantai.

Untuk menyewa kano di Pantai Pandawa Bali, berikut ini adalah tarifnya:
  • Single Kano untuk wisatawan domestik: Rp. 25.000/orang/jam
  • Double Kano untuk wisatawan domestik: Rp. 50.000/2 orang/jam
  • Life jacket (jaket pelampung): Rp. 20.000/jam

Makan dan minum
Oleh karena fasilitas warung di Pantai Pandawa ini cukup banyak dan menyediakan berbagai macam menu, saat anda bertamasya bersama keluarga di Pantai Pandawa Bali ini, anda tidak perlu repot-repot membawa makan dan minum dari rumah. Berbagai sajian seafood, makanan-makanan khas eropa, mie goreng maupun nasi goreng bisa anda pesan di setiap warung makan yang ada di Pantai Pandawa ini.

Baca juga: Pantai Kuta Bali - Wisata Populer dengan Fasilitas Terlengkap

Pijit Tradisional di Pandawa Spa
Saat anda sudah lelah mengelilingi Pantai Pandawa dan mengeksplorasi setiap keindahan yang tersaji di sini, mungkin anda akan merasa capek. Anda bisa memilih untuk dipijat pada Pandawa Spa yang ada di Pantai Pandawa. Berikut ini adalah tarif pijat di Pandawa Spa – Pantai Pandawa Bali:

Ini adalah tabel tarif pijat serta pedicure dan manicure di Pantai Pandawa Bali yang dikumpulkan informasinya oleh nnoart.


Fasilitas yang Tersedia


Ini adalah foto fasilitas warung makan di Pantai Pandawa Bali.
Pantai Pandawa Bali yang dulunya tidak terjamah dengan berbagai sarana dan prasarana wisata yang memadai, saat ini sudah sangat memadai sarana dan prasarana wisatanya. Halaman parkir yang sangat luas, toilet, warung makan, tempat pijat tradisional, pusat informasi, ambulans yang selalu bersiaga di sekitar pantai apabila terjadi hal yang tidak diinginkan selama berlibur di Pantai Pandawa. Hotel-hotel yang menyajikan pemandangan Pantai Pandawa juga banyak terdapat di sekitar. Selain itu, saat ini ada proyek pembangunan hotel Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2017. Semakin banyaknya hotel di sekitar Pantai Pandawa akan semakin memudahkan para wisatawan untuk berwisata ke pantai pasir putih favorit di Bali ini.

Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali


Harga tiket masuk Pantai Pandawa Bali terbagi menjadi tiket masuk untuk masyarakat Desa Kutuh, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Berikut ini adalah harga tiket masuk Pantai Pandawa Bali:

Ini adalah tabel harga tiket masuk Pantai Pandawa Bali wisatawan domestik dan internasional beserta tarif parkir motor/mobil/bus

Ini adalah foto karcis parkir Pantai Pandawa Bali untuk sepeda motor pada April 2016.Ini adalah foto tiket masuk Pantai Pandawa Bali untuk wisatawan domestik pada April 2016.


Jalan Menuju Pantai Pandawa


Pantai Pandawa terletak di ujung selatan pulau Bali dan dekat dengan paralayang Bukit Timbis, pantai Green Bowl (Bali Cliff) serta Pantai Melasti. Oleh karena itu, maka rute yang dapat anda tempuh menuju Pantai Pandawa Bali ini diantaranya sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai ke Pantai Pandawa
Dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Pandawa dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 35 – 45 menit perjalanan atau jaraknya kurang lebih 18 hingga 20 km tergantung rute yang anda pilih. Berikut ini rute/jalan menuju Pantai Pandawa dari Bandara Ngurah Rai:

1. Melalui Jl. Goa Gong/Kampus UNUD (±18,2 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Kampus Universitas Udayana – Jalan Goa Gong – Jalan Dharma Wangsa – Jalan Melasti II – Jalan Pantai Pandawa.
Keterangan: Rute ini akan melalui tanjakan yang cukup curam serta tikungan yang tajam.

2. Melalui Garuda Wisnu Kencana (GWK) (± 18,8 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu (Kedonganan – Jimbaran) – Garuda Wisnu Kencana – Jalan Pura Batu Pageh – Jalan Dharma Wangsa – Jalan Melasti– Jalan Pantai Pandawa.
Keterangan: Rute ini juga melewati tanjakan yang curam, tapi tidak se-ekstrim jika melewati Jl. Goa Gong.

3. Melalui Tol Bali Mandara (± 20,7 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Tol Bali Mandara – Menuju Pintu keluar Nusa Dua/Benoa – Belok kiri ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Siligita – Jalan Pintas Siligita - Jalan Kuruksetra – Jalan Dharma Wangsa (Sekolah Tinggi Dharma Wangsa Nusa Dua Bali) – Jalan Melasti – Jalan Pantai Pandawa.
Keterangan: Untuk melewati rute ini, siapkan dana tambahan untuk membayar tol

Jalan Manuju Pantai Pandawa dari Kota Denpasar dapat berpatokan dengan rute dari Bandara Ngurah Rai maupun dari tol Bali Mandara tersebut. Rute dari Tanjung Benoa/Nusa Dua dapat mengikuti rute nomor 3, dengan patokannya mulai pintu tol Benoa/Nusa Dua.

20 Hotel dekat Pantai Pandawa Bali


Untuk lebih merasakan suasana liburan saat di Bali, wisatawan dapat memilih untuk menginap di hotel dekat Pantai Pandawa Bali, yang saat ini sudah mulai banyak, beberapa diantaranya masih dalam proses pembangunan. Berikut ini adalah daftar hotel dekat Pantai Pandawa Bali yang nnoart dapatkan infonya mulai dari yang jaraknya 200 meter hingga 3 kilometer :
  1. Villa Latitude Bali
  2. Villa Karang Nusa by Nagisa Bali
  3. Villa Karang Kembar Estate
  4. Villa Karang Kembar 3
  5. Tirta Kencana - Private Villas of Bali
  6. Villa Karang Putih
  7. Villa Karang Selatan
  8. Pandawa Cliff Estate
  9. Villa Bidadari Nusa Dua Bali
  10. Indigo Dream Villa
  11. Villa Karang Kirana Bali
  12. Banyu Biru Villa at La Villa Bali
  13. Pandawa Beach Homestay
  14. Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort
  15. Puri Hasu Bali
  16. Villa Awang Bali
  17. Dina’s Luxury Villa
  18. Green Bowl Bali Homestay
  19. Bukit Pandawa
  20. Timbis Homestay Bali

Jalan Jalan di Pantai Pandawa Bali

Ninno Emanuel di Pantai Pandawa Bali
Catatan perjalanan ke Pantai Pandawa ini dimulai pada tahun 2015, saat berlibur ke Bali bersama kakak (Gil) dan 2 orang keponakan (Gilinho dan Nandito). Selama berlibur bersama mereka di tahun itu, ada 2 tempat wisata yang kami datangi bersama-sama, yaitu Tanah Lot dan Pantai Pandawa. Hari-hari berikutnya saya sendirian mengunjungi beberapa tempat wisata seperti GWK, Pantai Sanur, Pura Ulun Danu Bratan, Pantai Melasti, Pantai Jimbaran dan sebagainya.

Hari itu,  saat pulang dari Tanah Lot, kami ditanya mau kemana lagi oleh supir travel. Saya mengusulkan untuk ke Pantai Pandawa, karena sewaktu kunjungan ke Bali pada tahun 2014, saya tidak sempat untuk ke Pantai Pandawa, jadi saya ambil kesempatannya di tahun ini. Perjalanan dari Tanah Lot di kabupaten Tabanan hingga Pantai Pandawa di Kabupaten Badung memakan waktu kurang lebih 70 hingga 80 menit.

Baca juga: Eksplorasi Pantai Sanur Bali, Spot Sunrise Terbaik

Saya hanya mengingat waktu itu melewati Sunset Road hingga jalan By Pass Ngurah Rai. Selanjutnya masuk di wilayah Kampus Universitas Udayana, keluar belok kiri melewati jalan Goa Gong dimana jalannya cukup sepi dan ada beberapa tanjakan dan tikungan tajam, serta ada sebuah pura berpagar putih tepat di tikungan jalan yang sangat menarik perhatian, Pura Pengubengan Desa Adat Kutuh, yang menurut informasi baru dibangun pada tahun 2014.

Ini adalah foto loket masuk Pantai Pandawa Bali oleh nnoart
Pantai Pandawa sudah sangat dekat jika kita sudah mencapai pura itu, hanya perlu melewati beberapa tikungan, hotel Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort, LPD Desa Adat Kutuh dan akhirnya tiba di persimpangan utama jalan Pantai Pandawa yang hanya berjarak beberapa meter dari loket masuk Pantai Pandawa Bali. Mobil berhenti sebentar untuk membayar tiket masuk Pantai Pandawa yang waktu itu harganya masih Rp. 4000/orang untuk wisatawan domestik, dan terakhir kesana tahun 2016 sudah Rp. 8000/orang untuk wisatawan domestik.

Setelah melewati loket masuk, kami disuguhi pemandangan tebing kapur yang indah di kiri dan kanan jalan, dan terlihat beberapa crane yang menjulang tinggi yang berada di atas tebing, yang menunjukkan bahwa sepertinya ada pembangunan fasilitas wisata di Pantai Pandawa ini seperti hotel, resor dan sebagainya seperti Banyan Tree House yang ada di Pantai Melasti. Dan setelah penelusuran di Google, ternyata itu adalah proyek pembangunan hotel Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali.

Di depannya ada tikungan dan di situ terlihat ada papan nama Pantai Pandawa berwarna jingga di sebelah kanan jalan dan di sebelah kiri jalannya, tepatnya di tebing, ada juga papan nama Pantai Pandawa berwarna putih yang menyerupai tulisan Hollywood yang terkenal itu. Tulisan Pantai Pandawa yang berada di tebing ini biasanya menjadi latar foto favorit para pengunjung Pantai Pandawa, saya juga pertama kali mengenal Pantai Pandawa ini karena melihat banyaknya foto dengan latar tulisan Pantai Pandawa berwarna putih di dinding tebing tersebut.

Ini adalah foto patung di Pantai Pandawa Bali, yaitu patung Arjuna yang merupakan salah satu Pandawa 5.
Setelah itu jalan mulai menurun dan di sebelah kiri jalan terdapat pahatan-pahatan patung dari cerita Pandawa dimana mulai dari patung Dewi Kunti dan diikuti dengan patung Pandawa 5. Setelah melihat patung ini, baru saya menyadari inspirasi nama Pantai Pandawa.

Setibanya di parkiran, saat itu waktu sekitar pukul 16.00, jadi masih terasa panasnya yang menyengat. Memang sangat tidak disarankan untuk ke Pantai Pandawa di siang hari, sangat panas sekali dan mata akan sangat silau oleh putihnya pasir yang diterpa cahaya matahari siang. Untung saja waktu itu sudah mendekati sore, jadi sengatan mataharinya sudah tidak separah jika siang hari (kata supir travel waktu itu).

Saat itu lautnya juga sementara surut, jadi dapat terlihat sangat indah pemandangannya. Air laut yang jernih dan dangkal serta banyak rumput laut di dasarnya menambah warna-warni keindahan Pantai Pandawa. Di laut yang surut itu, banyak sekali pengunjung yang sedang ber-kano, salah satu aktivitas watersport yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Pandawa.

Liburan terasa menyenangkan bersama keluarga di Pantai Pandawa Bali.
Sayapun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk foto pemandangan Pantai Pandawa yang indah tersebut, foto para pengunjung yang sedang mendayung kano dan spot-spot menarik lainnya. Nandito sedang sibuk memegang dayung walaupun kanonya masih di darat, sedangkan Gilinho tidak banyak melakukan apa-apa oleh karena lagi sakit perut.

Karena sakit perut Gilinho sudah tidak dapat ditahan lagi, yang sebenarnya sudah sakit saat masih di Tanah Lot, saya membawanya ke toilet. Toilet di Pantai Pandawa ini terlihat cukup ramai, karena ada beberapa warung di sekitarnya. Kebersihan toiletnya sebenarnya tidak terlalu bersih, mungkin sebagai akibat dari membludaknya pengunjung pantai ini tidak diiringi dengan penambahan petugas kebersihan di tempat wisata pantai populer di Bali ini.

Baca juga: Pura Luhur Uluwatu Bali: Wisata Religi, Spot Sunset dan Tari Kecak

Tempat wisata untuk keluarga di Pantai Pandawa Bali.
Oleh karena Gilinho sudah tidak kuat lagi untuk jalan-jalan di Pantai Pandawa ini, kamipun memutuskan untuk kembali ke hotel Bintang Kuta di kawasan Kartika Plaza. Tidak banyak foto yang saya ambil waktu itu karena waktunya sangat terbatas. Itulah sebabnya saat saya kembali berlibur ke Bali pada tahun 2016, saya menyempatkan untuk kembali memotret keindahan Pantai Pandawa Bali ini saat dalam perjalanan dari arah Pantai Geger Nusa Dua ke Pantai Green Bowl.

Itulah singkatnya cerita perjalanan saya saat mengeksplorasi Pantai Pandawa Bali pada tahun 2015, semoga cerita singkat ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan anda terhadap Pantai Pandawa dan segera menyusun jadwal untuk berlibur ke Bali sesegera mungkin dan datang melihat langsung keindahan Pantai Pandawa, tempat wisata yang saat ini sangat terkenal di Bali ini. Untuk foto-foto Pantai Pandawa selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.


Koleksi Foto nnoart di Pantai Pandawa Bali

A photo posted by nnoart (@nnoart) on

Ini adalah foto tebing kapur Pantai Pandawa Bali dengan 2 bus pariwisata yang sedang melewatinya.
Tebing kapur dan 2 bus pariwisata yang akan tiba di Pantai Pandawa Bali

Ini adalah foto pemandangan Pantai Pandawa Bali dari atas tebing kapur.
Pemandangan Pantai Pandawa Bali dari atas tebing kapur

Ini adalah foto di Patung Bima Pandawa Lima di Pantai Pandawa Bali dimana terlihat ada pengunjung yang sedang berfoto di depannya.
Wisatawan berfoto di depan Patung Bima, salah satu Pandawa Lima


Foto Pantai Pandawa Bali oleh nnoart.
Ini adalah ikon dari Pantai Pandawa, tebing kapur dan tulisan Pantai Pandawa berwarna putih

Ini adalah gambar suasana di Pantai Pandawa Bali
Suasana di Pantai Pandawa

Ini adalah foto/gambar pantai Pandawa Bali yang merupakan pantai berpasir putih.
Foto Pantai Pandawa dengan pasir putihnya yang indah

Berkano di Pantai Pandawa Bali akan terasa menyenangkan bersama teman-teman.
Anak-anak bermain kano di Pantai Pandawa

Foto aktivitas olahraga dayung dengan kano di Pantai Pandawa Bali
Bermain di tepian pantai

Suasana asyik saat berkano di Pantai Pandawa Bali yang difoto oleh nnoart.
Asyiknya main kano di Pantai Pandawa Bali

Aktivitas kano merupakan watersport favorit wisatawan di Pantai Pandawa Bali.
Kano merupakan aktivitas watersport favorit di Pantai Pandawa Bali saat laut surut

Keterangan foto:
Lokasi: Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali
Waktu: Oktober 2015, April 2016


SHARE TULISAN INI:


1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete