. . .
Investasi Rumah Villa di Kota Batu Malang - Exotic Panderman Hill
Pesan hotel via Agoda? KLIK DISINI
Pesan hotel, tiket pesawat, kereta api, tiket tempat wisata atau sewa mobil via Tiket.Com? KLIK DISINI
Tiket tempat wisata dan watersport di Bali? KLIK DISINI

Saturday, August 13, 2016

Pantai Kuta Bali - Wisata Populer dengan Fasilitas Terlengkap



Ini adalah foto Pantai Kuta Bali yang menyajikan pemandangan laut surut sore hari.

Pantai Kuta Bali – Hampir sebagian besar orang di Indonesia mungkin sudah mengenal dengan namanya Pantai Kuta di Bali meskipun dari sebagian besar orang yang mengetahui tersebut, sebagian besarnya belum pernah ke Pantai Kuta atau bahkan ke Bali. Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terpopuler di Bali yang garis pantainya mencapai 3 kilometer yang telah populer kurang lebih sejak awal tahun 70an lalu.

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terletak di wilayah Kecamatan Kuta yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Badung, Bali. Pantai Kuta ini terkenal sebagai sunset beach (pantai matahari terbenam). Julukan tersebut bertolak belakang dengan  dengan Pantai Sanur di Kota Denpasar yang terkenal sebagai sunrise beach.

Saya akan banyak mengulas mengenai tempat wisata terkenal nomor 1 di Bali serta nomor 3 paling sering dicari di google setelah Tanah Lot dan Pantai Pandawa dalam artikel nnoart kali ini. Segala informasi tentang Pantai Kuta baik itu asal usul atau sejarah Pantai Kuta, lokasinya, daya tarik wisata, apa saja yang dapat dilakukan disana, cara atau jalan menuju Pantai Kuta, fasilitas yang tersedia, tarif atau harga semua yang ada di Pantai Kuta, hotel dekat Pantai Kuta Bali (hotel murah hingga hotel bintang), tempat makan atau restoran dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Pantai Kuta ini. Tidak lupa catatan perjalanan penulis serta foto/gambar lengkap Pantai Kuta Bali ala nnoart bisa dilihat sepanjang tulisan ini.

Sekilas Sejarah Pantai Kuta Bali


Foto pantai Kuta Bali, pantai yang memiliki sejarah tersendiri dalam hal mendapatkan popularitas internasional.
Berdasarkan informasi dari Wikipedia, sebelum Pantai Kuta menjadi tempat wisata, terlebih dahulu menjadi pelabuhan dagang tempat dimana para pembeli dari luar Bali membeli produk lokal Bali. Seorang pedagang Denmark bernama Mads Lange mendirikan tempat perdagangan di Kuta setelah kedatangannya ke Bali pada abad XIX. Raja-raja Bali maupun Belanda sangat mengenalnya oleh karena keahlian bernegosiasi yang dimiliki Mads Lange ini.

Buku berjudul “Praise to Kuta” yang ditulis oleh Hugh Mahbett mengajak masyarakat Bali untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Buku ini akhirnya menjadi inspirasi banyak orang untuk membangun berbagai fasilitas wisata seperti restoran maupun warung makan, hotel dan penginapan, tempat hiburan serta pusat perbelanjaan di sekitar pantai Kuta.

Pada awal tahun 1970-an, Pantai Kuta menjadi sangat populer di seluruh dunia, setelah puluhan tahun sebelumnya Pantai Sanur terlebih dahulu memperoleh popularitas seperti itu. Sejak Pantai Kuta terkenal itulah, Bali mengandalkan pantai ini sebagai primadona wisatanya selain Pantai Sanur.

Baca juga: Eksplorasi Pantai Sanur Bali, Spot Sunrise Terbaik

Info lainnya mengatakan bahwa dulu Pantai Kuta merupakan habitat jenis penyu yang hampir punah dan saat ini sangat dilindungi keberadaannya, yaitu penyu hijau. Sekarang penangkaran penyu hijau tersebut telah pindah ke pulau Penyu di Tanjung Benoa. Di Pantai Kuta sendiri saat ini ada suatu tempat penangkaran penyu, namun merupakan jenis penyu Olive Ridley.

Letak Pantai Kuta Bali



Pantai Kuta merupakan sebuah pantai yang berada di kecamatan Kuta (tepatnya di Desa Kuta), yang merupakan bagian dari Kabupaten Badung di provinsi Bali. Pantai Kuta berada di sisi sebelah barat dari Jalan Pantai Kuta. Pada sisi timur jalan ini merupakan lokasi pusat perbelanjaan serta hotel-hotel terkenal Bali seperti Beachwalk Mall Bali, Hard Rock Hotel Bali, Starbucks KutaBEX, Best Western Kuta Beach serta hotel maupun tempat belanja keren lainnya. Pantai Kuta ini berbatasan langsung dengan Pantai Legian di sebelah utaranya. Sedangkan di sebelah selatan, meskipun tidak berbatasan langsung, ada Pantai Tuban (terus lagi ke Pantai Jerman/Segara).

Lokasinya terletak tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, jika tidak terkena macet maka hanya membutuhkan 8 – 12 menit perjalanan dari Bandara ke Pantai Kuta ini (jarak tempuh kurang lebih 4 – 5 km ke arah utara). Jika dari arah terminal Ubung ke Pantai Kuta, anda bisa naik taksi atau ojek dengan menempuh perjalanan selama 30 – 40 menit perjalanan ke arah selatan. Mengenai peta lokasi Pantai Kuta Bali, dapat dilihat pada Google Maps diatas.

Daya Tarik Wisata Pantai Kuta Bali


Ini adalah foto daya tarik Pantai Kuta Bali oleh nnoart.
Pantai Kuta terkenal karena karakteristik ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar, apalagi kondisi pantai yang lebih di dominasi pasir tanpa batu karang, tentunya akan sangat cocok untuk para peselancar pemula untuk berselancar di pantai terkenal Bali ini. Para peselancar internasional pun sering menjadikan pantai Kuta sebagai tempat mereka latihan maupun tempat perlombaan.

Untuk berselancar di Pantai Kuta ini, siapapun punya kesempatan untuk melakukannya, oleh karena banyak disewakan papan surfing dengan berbagai macam tipe dan kualitasnya di sekitar pantai. Pemandu juga banyak di sini, dimana para pengunjung yang baru pertama kali belajar bisa memanfaatkan jasa pemandu surfing.

Keistimewaan lainnya dari Pantai Kuta adalah saat laut surut di sore hari menjelang sunset, dimana akan terlihat hamparan pasir putih yang sangat luas dan panjang dengan pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Memang Pantai Kuta akan terlihat biasa-biasa saja saat siang hari, akan tetapi anda tidak boleh melewatkan suasana sore hari menjelang sunset di sini. Pemandangan yang terlihat akan benar-benar memanjakan mata anda, suasananya juga sangat cocok untuk berjalan keliling, main pasir, main air laut, duduk santai, berjemur dan lain sebagainya.

Ombak di pantai ini cukup besar terutama saat laut pasang, sehingga anak kecil yang ingin mandi air laut atau berenang sangat membutuhkan penjagaan yang ketat dari orang tuanya. Orang tua dapat mengarahkan anak-anaknya untuk melakukan hal lainnya seperti membuat istana pasir atau mencari binatang laut yang terhempas ombak ke pantai saat laut surut.



Lokasi Pantai Kuta sangat strategis karena terdapat berbagai macam pusat perbelanjaan modern, restoran, hotel, pusat perbelanjaan barang murah, toko kelontong, bar dan segala fasilitas wisata lainnya. Dengan lokasinya yang sangat strategis  tersebut membuat para wisatawan dari berbagai negara yang datang mengunjungi Bali sering mencari hotel maupun penginapan dekat Pantai Kuta agar bisa lebih mudah untuk jalan-jalan setiap sore menjelang sunset di Pantai Kuta. Pantai yang dulunya merupakan lokasi perkampungan nelayan telah berubah menjadi objek wisata yang sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara.

Keindahan pantai ini membuatnya sering juga menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film maupun sinetron, yang tidak jarang mempekerjakan para pemuda asli desa adat Kuta dan sekitarnya sebagai pemeran figuran maupun crew tambahan.

Hal Menarik yang dapat dilakukan di Pantai Kuta


Ini adalah foto pengunjung Pantai Kuta Bali yang menikmati saat sebelum sunset.
Pantai Kuta memiliki banyak hal menarik di dalamnya, yang membuatnya selalu saja ramai dikunjungi orang dari hari ke hari dari pagi hingga malam. Berikut ini nnoart berikan daftar hal-hal yang menarik dilakukan di Pantai Kuta Bali yang tidak boleh anda lewatkan:

• Momen Sunset
Menanti momen sunset di Pantai Kuta itu adalah suatu hal menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Bali. Suasana senja di Pantai Kuta dengan matahari terbenamnya yang tersohor dimana-mana, area pasir pantai yang luas ketika laut surut, ditambah lagi dengan panjangnya pantai ini yang luar biasa. Tidak heran saat sunset di Pantai Kuta, sangat banyak orang tumpah ruah di sini dengan segala aktivitasnya masing-masing. Momen sunset di Pantai Kuta adalah hal yang wajib diabadikan dengan kamera anda.

Baca juga: Pura Luhur Uluwatu Bali, Wisata Religi, Spot Sunset dan Tari Kecak

Selain menikmati sunset langsung di pantainya, wisatawan juga biasanya suka menikmatinya dari atap-atap restoran atau cafe, banyak spot-spot bagus untuk menikmati momen sunset dari sana.

• Berenang
Banyak yang lebih suka yang hanya sekedar jalan-jalan di Pantai Kuta, namun ada juga yang suka berenang di sini, walaupun lautnya tidak setenang Pantai Sanur, tapi masih cocok untuk berenang.

Jogging
Aktivitas lari santai yang sebagian besarnya dilakukan oleh wisatawan mancanegara, khususnya para bule.

• Wisata kuliner
Kalau berwisata ke Pantai tentunya tidak boleh melewatkan menu makanan seafood yang lezat di tempat-tempat makan terdekat. Di Pantai Kuta dan sekitarnya cukup banyak terdapat restoran mahal, cafe, warung makan hingga pedagang makanan keliling yang menjual berbagai jenis makanan termasuk seafood. Anda juga bisa memilih untuk membeli es kelapa muda sambil duduk di kursi-kursi yang tersedia di sepanjang Pantai Kuta sambil menanti momen sunset.

• Berjemur di bawah matahari
Aktivitas ini mungkin tidak terlalu menarik bagi wisatawan domestik, akan tetapi bagi wisatawan mancanegara, ini merupakan salah satu aktivitas favorit mereka saat sedang berada di Bali. Berjemur matahari sangat disukai karena akan membuat kulit terlihat lebih eksotis. Berjemur di Pantai Kuta ini bisa dilakukan dengan tidur atau duduk di kursi jemur, di atas tikar atau apapun yang bisa dibentangkan di atas pasir atau terkadang malah tidak menggunakan alas sama sekali.

Ini adalah foto seorang anak yang bersiap untuk berselancar di Pantai Kuta Bali.
• Berselancar (surfing)
Sebagai pantai dengan karakteristik ombak yang sangat disukai para peselancar, tentunya kita tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berselancar di Pantai Kuta saat sedang berlibur ke Bali. Meskipun belum pernah sekalipun mencoba berselancar, ada banyak tempat penyewaan papan selancar (surfboard) disertai dengan pemandunya. Siapkan dana yang cukup untuk itu sebelum ke Pantai Kuta, harga standar Rp. 300.000/2 jam. Tapi kalau beruntung bisa dapat yang Rp. 75.000 – Rp. 100.000 per jam.


• Membuat tato temporer
Banyak pembuat tato temporer di sepanjang Pantai Kuta yang dapat anda gunakan jasanya untuk mentato diri anda tanpa khawatir akan permanen selamanya. Tinta temporer yang digunakan oleh mereka dapat hilang hanya dalam waktu beberapa hari. Berbagai gambar maupun motif tersedia.

• Kepang rambut
Cewek-cewek yang mau rambutnya di kepang dan bergaya sedikit berbeda dari biasanya, bisa dilakukan di Pantai Kuta sambil bersantai menikmati semilir angin.

• Jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau nongkrong di cafe sekitar Pantai Kuta
Jika malas berjalan di pantai, kita bisa memilih jalan di trotoar sepanjang jalan Pantai Kuta yang di sisi timurnya terdapat berbagai macam tempat-tempat keren seperti Beachwalk Mall, Hard Rock Cafe, Starbucks KutaBEX dan sebagainya. Ikon Hard Rock Hotel & Cafe yang berupa sebuah gitar selalu menjadi sasaran wisatawan sebagai objek foto. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Pantai Kuta merasa bahwa foto mereka akan lebih lengkap jika sudah berfoto dengan ikon Hard Rock Hotel & Cafe tersebut.

• Upacara keagamaan
Berbagai upacara keagamaan seringkali diadakan di Pantai Kuta (biasanya diadakan oleh umat Hindhu Bali) yang hingga saat ini masih tetap diadakan disana pada waktu-waktu tertentu. Beberapa ritual keagamaan yang sering diadakan di Pantai Kuta diantaranya adalah upacara Melasti,  ritual tolak bala (Nangluk Merana), Nguyuh dan sebagainya. Biasanya pada hari raya Nyepi, akan ada suatu perarakan atau pawai Ogoh Ogoh. Pada saat hari Raya Nyepi berakhir, ogoh-ogoh itu akan dipajang di Pantai Kuta, yang bisa dibaca tulisannya DISINI.

• Fotografi
Bagi penggemar fotografi, Pantai Kuta adalah salah satu pantai yang keren untuk mengabadikan foto pemandangan (landscape) anda, terutama saat-saat sunset. Selain itu, foto aktivitas surfing para peselancar juga akan sangat menarik dilakukan di Pantai Kuta.

Ini adalah foto seorang pengunjung Pantai Kuta Bali yang sedang bermain pasir.
• Bermain pasir
Dengan pasir pantai yang sangat luas terutama saat laut surut di sore hari, akan sangat menyenangkan bermain pasir disini, seperti mengubur diri sendiri atau membuat istana pasir.

• Pijit
Pantai Kuta ini memiliki panjang mencapai 3 kilometer, jadi jika para wisatawan ingin berjalan-jalan dari pangkal hingga ke ujung pantai, dipastikan bakal sangat lelah. Belum lagi yang berenang atau surfing seharian, tentunya juga bakal sangat lelah. Itulah sebabnya banyak ibu-ibu pemijat yang selalu bisa kita temukan di Pantai Kuta sepanjang hari.

Tentunya wisatawan yang telah capek berjalan kaki menyusuri pantai ini dapat menggunakan jasa mereka untuk menghilangkan rasa capek. Tarif pijat bervariasi biasanya mulai dari Rp. 50.000 dan wisatawan akan dipijit dengan minyak kelapa campur garam serta selembar tikar untuk tiduran selama dipijit.

• Melihat penangkaran penyu dan melepas tukik ke laut
Terdapat penangkaran penyu di Pantai Kuta di sebuah bangunan berbentuk penyu. Pasir-pasir di dalam bangunan ini berfungsi sebagai tempat pengeraman telur penyu. Penyu-penyu yang berada di penangkaran ini merupakan jenis penyu lekang atau olive ridley yang tergolong langka. Salah satu atraksi menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah pelepasan bayi penyu (tukik) ke laut. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada sore hari (16:45 WITA) dengan tanggal yang tidak pasti. Para wisatawan bisa ikut serta berpartisipasi dalam pelepasan tukik ini ke laut.

• Belanja oleh-oleh
Jangan lupa, setelah puas bermain-main di Pantai, jalan-jalanlah dulu di pusat penjualan oleh-oleh atau souvenir murah khas Bali yang banyak terdapat di sekitar pantai Kuta, salah satunya adalah pasar seni yang berada di ujung selatan pantai.


Cara dan Jalan Menuju Pantai Kuta


Untuk dapat melakukan perjalanan ke Pantai Kuta dari beberapa tempat penting di Bali, misalnya dari Bandara Ngurah Rai serta dari Terminal Ubung, berikut ini adalah penjelasannya (berdasarkan rute versi Google Maps):

Rute I: Bandara Ngurah Rai ke Pantai Kuta
  • Melalui Jalan Dewi Sartika – Jalan Kartika (Lippo Mall dan Centro Discovery Shopping Mall) – Jalan Raya Kuta:  ±4 Km
  • Melalui Jalan By Pass Ngurah Rai: ±6 Km
Rute II: Terminal Ubung ke Pantai Kuta
  • Melalui Jalan Mahendradatta:  ±13,1 KmMelalui Jalan Raya Kerobokan dan Jalan Sunset Road: ±15,9 Km
  • Melalui Jalan Gunung Tangkuban Perahu: ±14,9 Km
Rute III: Pusat Kota Denpasar ke Pantai Kuta
  • Melalui jalan Teuku Umar dan Imam Bonjol: ±8,6 Km
  • Melalui Jalan Taman Pancing: ±8,9 Km
  • Melalui Jalan Bunging dan Jalan Taman Pancing: ±9,6 Km

Perlu diperhatikan, jika naik bis ke Pantai Kuta, biasanya akan diturunkan di central parkir yang jaraknya agak jauh dari pantai. Dari sini, wisatawan akan naik kendaraan shuttle ke arah Pantai Kuta.

Pada saat musim liburan atau saat malam minggu, jalanan menuju Pantai Kuta biasanya akan mengalami kemacetan yang luar biasa. Terkadang pemerintah desa adat di sekitar Pantai Kuta akan menutup jalan menuju ke arah pantai. Jadi tempat parkirnya akan sedikit lebih jauh dibandingkan hari-hari biasanya.


A photo posted by nnoart (@nnoart) on

Tarif atau Retribusi


Untuk masuk ke Pantai Kuta, kita tidak perlu membayar tiket masuk seperti objek wisata pantai lainnya di Bali seperti Pantai Pandawa dan Tanah Lot. Disini kita bebas keluar masuk tanpa membayar sedikitpun, yang perlu dibayar hanyalah parkir kendaraan anda. Berikut ini adalah tarif, retribusi atau harga-harga yang perlu dibayar untuk menikmati segala sesuatu di area Pantai Kuta:
  • Harga tiket masuk Pantai Kuta: Gratis
  • Biaya parkir untuk motor Rp. 2000/kendaraan;
  • Biaya parkir mobil:  Rp. 5000/kendaraan;
  • Sewa papan surfing: Mulai dari Rp. 100.000/jam;
  • Jasa pijit: Mulai Rp. 50.000/jam atau Rp. 25.000 untuk ½ jam
  • Jasa tato temporer: Rp. 50.000 - Rp. 300.000
  • Jasa Kepang Rambut: Rp. 50.000 - Rp. 200.000
  • Sewa tikar: Rp. 10.000 - Rp. 15.000;
  •  Naik Dokar: Rp. 50.000 - Rp. 100.000

30 Hotel dekat Pantai Kuta Bali


Kawasan sekitar Pantai Kuta sangat banyak terdapat hotel mulai dari hotel berbintang, hotel-hotel dengan tarif murah (budget hotel), penginapan, hostel bahkan kos-kosan harian juga tidak jarang disewa oleh para wisatawan. Untuk membantu anda yang sedang mencari hotel yang lebih dekat dengan Pantai Kuta, berikut ini adalah daftar hotel dekat Pantai Kuta Bali beserta jaraknya:
  1. Hard Rock Hotel Bali (±68 m)
  2. The Kuta Beach Heritage Hotel Bali – Managed by Accor (±106 m)
  3. Mercure Kuta Bali (±126 m)
  4. Grand Inna Kuta (±126 m)
  5. H-ostel (±169 m) (hotel murah)
  6. Kutabex Beachfront Hotel (±195 m)
  7. La Walon Hotel (±211 m)
  8. Maharani Beach Hotel (±211 m)
  9. Kedin’s Inn (±258 m) (hotel murah)
  10. Marriott’s Autograph Collection, The Stones Hotel (±281 m)
  11. Bali Summer Hotel (±281 m)
  12. Airy Pantai Kuta Poppies Lane Satu Bali (±289 m) (hotel murah)
  13. Ayu Beach Inn (±289 m) (hotel murah)
  14. RaBaSTa Kuta Beach Inn (±291 m) (hotel murah)
  15. Ayu Beach Inn 2 (±296 m) (hotel murah)
  16. Kuta Seaview Boutique Hotel & Spa (±301 m)
  17. Yulia Beach Inn (±307 m)
  18. Kuta SEAVIEW Boutique Resort & Spa (±311 m)
  19. Ida Hotel (±337 m)
  20. Bungalows Taman Ayu I Kempu (±338 m)
  21. Hana Kuta Beach (±357 m) (hotel murah)
  22. Pesona Beach Inn Hotel (±367 m) (hotel murah)
  23. Fat Yogi Cottages (±381 m)
  24. Amazing Cabin (±390 m) (hotel murah)
  25. Favehotel Kuta Square (±401 m) (hotel murah)
  26. Kuta Angel Hotel Bali (±406 m)
  27. Dekuta Boutique Hotel (±412 m)
  28. Ramayana Resort & Spa (±414 m)
  29. Melasti Kuta Bungalows and Spa (±421 m)
  30. Santhi House (±436 m) (hotel murah)

Warung Makan, Cafe serta Restoran dekat Pantai Kuta


Ini adalah foto monumen Gitar yang menjadi ikon Hard Rock Cafe di Pantai Kuta Bali oleh nnoart.
Sehabis jalan-jalan di Pantai Kuta tentunya mulai terasa lapar. Di sekitar Pantai Kuta banyak sekali terdapat food court, restoran maupun cafe. Warung makan pinggir jalan yang murah juga ada, asalkan berjalan masuk ke dalam gang-gang dekat pantai Kuta (seperti di jalan Poppies Lane contohnya).  Berikut ini daftar restoran maupun cafe dekat Pantai Kuta:
  • Di dalam Beachwalk (Luna Negra, Kitchenette, The Coffee Bean & Tea Leaf, Starbucks Coffee, Cafe Sardinia, Ki Ha Na, Nanny’s Pavillon, Pepper Lunch, VH Bali, Hypnotized, Nasi Goreng Hongkong, Tony Roma’s, Sushi Tei, Ayam Woku dan masih banyak lainnya);
  • Lain-lain: Hard Rock Cafe, Feast – Sheraton Bali Kuta, Rosso Vivo, Haagen – Dazs, Flapjaks, Fat Chow, McDonald’s, Ninety Degrees Hotel Satriya Cottages, Nebula Room dan lain sebagainya.
  • Warung makan murah, bisa dicari di gang-gang sekitar pantai, seperti di Poppies Lane (gang-gang di samping dan belakangnya Beachwalk Mall serta belakangnya Hard Rock Hotel & Cafe). Ke Pasar Seni Kuta juga banyak terdapat warung makan.
  • Atau bisa juga cari nasi bungkus di sekitar pantai, biasanya ada juga pedagang makanan dan minuman di area Pantai Kuta.


Pengalaman ke Pantai Kuta Bali


Ini adalah foto Ninno Emanuel penulis nnoart di Pantai Kuta Bali pada tahun 2014.
Pengalaman ke Pantai Kuta Bali ini dimulai pada tahun 2014, dimana saat itu saya ke Bali untuk sekedar jalan-jalan karena kebetulan ada 2 orang kakak saya yang juga sedang berada disana sekedar transit beberapa hari sebelum mereka melanjutkan perjalanannya masing-masing.

Di tahun ini, saya menginap di salah satu homestay di sebelah utara Lippo Mall, yang jaraknya sekitar kurang lebih 1,5 kilometer dari Pantai Kuta. Selama berlibur di Bali tahun 2014 beberapa kali mengunjungi Pantai Kuta. Pertama saat hari kedua, sekedar jalan-jalan menikmati sore. Kedua setelah hari raya Nyepi, jalan-jalan ke Pantai Kuta dan melihat Ogoh Ogoh yang dipajang di pantai (lokasi dekat Pasar Seni). Ketiga sewaktu mau kembali ke Malang, saya sempatkan diri untuk mengambil beberapa foto di Pantai Kuta ini (siang hari).


Berjalan kaki di sore hari dari homestay ini ke Pantai Kuta sama sekali tidak akan terasa, karena di sepanjang jalan suasananya benar-benar cocok untuk berjalan kaki santai. Restoran, hotel, minimarket, toko baju/topi, jasa paket wisata, mall, waterboom, cafe, distro-distro dan lain sebagainya akan banyak ditemukan sepanjang jalan.

Jika berjalan kaki di jalan Kartika Plaza, sebaiknya mengambil jalan memotong masuk mall Centro. Pintu belakang mall ini tembus ke pantai. Keluar dari mall belok kanan mengikuti jalan setapak kecil dengan sisi kirinya adalah laut dan kanannya adalah hotel-hotel yang biasanya menempatkan kolam renang atau restorannya di bagian belakang.

Sepanjang perjalanan melalui jalan belakang mall Centro ini akan seringkali ditemukan wisatawan mancanegara yang sedang jogging di jalan setapak kecil itu. Disisi kanan jalan terutama di tepian kolam akan banyak terlihat wisatawan yang sedang berenang, berjemur serta duduk ngobrol.

Setelah melewati berbagai hotel itu, mulai memasuki wilayah yang banyak pohonnya, yang di tengah-tengahnya ada pasar seni Kuta (Kuta Art Market). Kalau sudah tidak panas lagi, bisa memilih untuk berjalan melewati pasar seni atau berjalan di atas pasir pantai. Lewat mana saja sepertinya asyik. Karena waktu itu masih cukup panas, saya dan kakak memilih melewati pasar seni, sambil melihat berbagai pakaian, souvenir dan sebagainya yang dijual disini.

Setelah tiba di Pantai Kuta, terlihat biasa-biasa saja (karena sudah kelihat sewaktu berjalan kaki dari Centro). Mungkin karena waktu itu laut masih belum terlalu surut sehingga terlihat kurang terlalu menarik. Namun kesannya benar-benar bakal berbeda kalau melihat Pantai Kuta ini disaat laut surut di sore hari. Hamparan pasirnya yang panjang, luas dan melengkung benar-benar terlihat keren.

Baca juga: Pantai Dreamland Bali, Pesona Pasir Putih dan Ombak Bergulung

Selama di Pantai Kuta ini tidak banyak yang kami lakukan selain jalan-jalan dan berhenti sebentar di suatu tempat untuk minum es kelapa muda. Kami tidak sampai melihat sunset saat itu, karena ada beberapa urusan yang harus dilakukan.

Setelah hari raya Nyepi, saya kembali lagi ke Pantai Kuta ini untuk melihat keseruan setelah Nyepi. Ada berbagai pertunjukan serta atraksi yang dilakukan di pasar seni Kuta. Terlihat juga ogoh ogoh yang di arak sepanjang jalan Kartika Plaza pada malam sebelum hari Nyepi dipajang di pantai.

Tidak banyak lagi yang saya ingat waktu itu, Cuma lebih banyak menghabiskan waktu untuk memotret apapun yang terlihat. Hingga selesai liburan saya sama sekali tidak sempat berkesempatan memotret sunset di Pantai Kuta. Hingga akhirnya pada liburan saya ke Bali di tahun 2016 ini, saya bisa berada di Pantai Kuta saat sore hari menjelang sunset, namun saat itu langit sangat mendung, sehingga sampai saat ini belum pernah mengabadikan momen sunset di Pantai Kuta dalam jepretan kamera saya.

Tidak banyak yang bisa saya tuliskan di catatan perjalanan di Pantai Kuta ini, karena semua tentang pantai Kuta yang lebih detail sudah saya jabarkan di bagian atas. Semoga semua informasi tentang Pantai Kuta Bali ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang mau berlibur ke Bali dalam beberapa waktu ke depan atau yang saat ini sudah di Bali tapi masih mau mengumpulkan informasi lebih detail tentang Pantai Kuta. Mengenai koleksi foto-foto saya di Pantai Kuta Bali dapat dilihat di bawah ini.


Koleksi Foto nnoart di Pantai Kuta Bali


Ini adalah foto objek wisata Pantai Kuta Bali yang sangat terkenal, foto diambil oleh nnoart pada April 2016.
Foto pemandangan Pantai Kuta Bali

Ini adalah foto sore hari di Pantai Kuta Bali pada bulan April 2016.
Sore hari menjelang sunset di Pantai Kuta Bali

Foto Pantai Kuta Bali yang ramai di sore hari yang diambil nnoart pada bulan April 2016.
Ramainya Pantai Kuta Bali di sore hari

Foto 2 orang anak sedang bermain air laut Pantai Kuta Bali yang diambil nnoart pada April 2014.
Anak-anak bermain air laut di Pantai Kuta

Foto April 2016 di Pantai Kuta Bali yang memperlihatkan seorang peselancar bersiap mengambil papan selancarnya.
Seorang peselancar di Pantai Kuta bersiap mengambil papan selancarnya menuju laut

Foto di Pantai Kuta Bali pada bulan April 2014 yang diambil Ninno Emanuel "Nnoart"
Peselancar berjalan menyusuri Pantai Kuta

Ini adalah foto 2 orang peselancar Pantai Kuta Bali yang bersiap untuk berselancar.
Bersiap untuk berselancar di Pantai Kuta Bali

Keterangan:
Lokasi: Pantai Kuta, Kuta, Badung, Bali
Waktu: April 2014, April 2016


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment