. . .
Investasi Rumah Villa di Kota Batu Malang - Exotic Panderman Hill
Pesan hotel via Agoda? KLIK DISINI
Pesan hotel, tiket pesawat, kereta api, tiket tempat wisata atau sewa mobil via Tiket.Com? KLIK DISINI
Tiket tempat wisata dan watersport di Bali? KLIK DISINI

Monday, March 21, 2016

Eksplorasi Pantai Sindhu di Sanur - Denpasar




Pantai Sindhu merupakan salah satu pantai yang berada dalam deretan pantai di Sanur - Denpasar, Bali. Oleh karena berada dalam deretan yang sama tersebut, pantai Sindhu terlihat tidak jauh berbeda dengan pantai Sanur yang merupakan salah satu pantai terkenal di Bali. Seperti pantai Sanur, Pantai Sindhu juga merupakan pantai yang tepat untuk melihat matahari terbit (sunrise). Pada tulisan dalam blog nnoart kali ini, saya akan banyak mengulas berbagai hal menarik yang dapat ditemukan oleh pengunjung saat berwisata ke pantai Sindhu Sanur. Tulisan ini juga merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya mengenai Pantai Segara Ayu akan lanjut ke pantai Matahari Terbit dan Pantai Sanur.

Lokasi

Pantai Sindhu merupakan salah satu tempat wisata berupa pantai yang terletak di kota Denpasar, Bali. Dari pusat kota Denpasar menuju ke pantai Sindhu hanya memerlukan waktu 15 menit berkendara. Sedangkan dari arah bandara Ngurah Rai, bisa memakan waktu 30 menit melalui jalur biasa dan 20 menit jika mengikuti jalan tol yang menghubungkan Ngurah Rai dengan kota Denpasar.

Secara geografis, pantai Sindhu ini berada di sebelah selatan dari pantai Sanur, Denpasar. Kita bisa berjalan kaki dari pantai Sanur melewati pantai Segara Ayu hingga sampai di pantai Sindhu, yang membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit berjalan kaki.

Akses jalan menuju ke Pantai Sindhu cukup bagus, kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4 dapat masuk hingga ke dekat pantai. Hanya saja tempat parkir di pantai ini yang tidak terlalu luas dibandingkan pantai populer di sebelahnya.

Daya Tarik Wisata

Sudah beberapa kali dibahas diatas, pantai Sindhu Sanur memiliki kesamaan yang tidak jauh berbeda dengan pantai Sanur, itu artinya salah satu daya tarik utama di pantai ini sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan matahari terbit (sunrise) di Bali. Saya belum pernah melihat sunrise dari pantai Sindhu sebelumnya, namun dari seorang pengunjung lainnya yang sudah biasa ke pantai ini katanya pada pagi hari biasanya cukup banyak pengunjung yang datang ke pantai Sindhu hanya untuk melihat pemandangan sunrise tersebut, tidak kalah ramainya dengan pantai Sanur maupun pantai Matahari Terbit yang terletak di utara pantai Sindhu ini.

Salah satu kelebihan lainnya dari pantai Sindhu adalah memiliki warna pasir yang putih, walaupun butiran pasirnya tidak terlalu lembut untuk berjalan tanpa alas kaki. Namun para pengunjung sangat menyukai mengubur dirinya di pasir pantai Sindhu ini. Bisa dibilang mengubur diri dalam pasir merupakan salah satu aktivitas favorit para pengunjung di pantai Sindhu.

Selain itu pantai Sindhu memiliki ombak yang tenang, hal tersebut bisa terjadi karena lokasi dari pantai ini yang sedikit menjorok ke darat, yang menyebabkan ombaknya akan terlebih dahulu pecah sebelum mencapai bibir pantai. Hal tersebut menjadikan pantai ini jadi pantai yang tepat untuk mengajak anak-anak berekreasi. Aktivitas seperti memancing, berenang, snorkeling maupun naik kano juga dapat lebih asyik dilakukan oleh karena tenangnya air laut ini.

Disisi lain, oleh karena tenangnya ombak itu membuat pantai Sindhu tidak cocok untuk dijadikan tempat berselancar selayaknya di pantai Kuta, Pandawa, Jimbaran, Padang Padang atau Pantai Dreamland. Itu sebabnya di pantai ini jarang terlihat para turis yang sedang berjalan di tepi pantai sambil menenteng papan selancarnya.

Deretan pepohonan yang berada di tepian pantai juga menjadi salah satu daya tariknya, membuat para pengunjung yang ingin berjemur matahari maupun yang ingin berteduh semuanya bisa datang bersantai di pantai Sindhu.

Kelebihan lainnya adalah pantai ini jauh lebih tenang, cenderung sepi walaupun hari libur. Pengunjung yang biasanya bermain-main di Pantai Sindhu lebih banyak merupakan tamu hotel yang berada tepat di tepian pantai ini. Selain itu akses masuk terdekatnya hanya 1, tempat dimana memarkirkan kendaraan. Oleh karena itu, semakin jauh berjalan meninggalkan area parkir, semakin sepi pula pengunjungnya.

Ada juga bangunan gazebo yang terletak pinggir pantai, yang selalu menjadi tempat nongkrong utama bagi para pengunjung pantai ini. Di gazebo inilah para pengunjung biasanya menghabiskan waktu bersantai-santai, ngobrol bersama keluarga, teman atau kekasih sambil menunggu terbitnya matahari serta tidak lupa untuk berfoto-foto dengan latar yang cenderung unik dibanding pantai-pantai lainnya. Cukup sulit untuk mendapatkan gazebo ini dalam keadaan kosong, terutama saat jam-jam ramai. Selalu saja ada pengunjung yang duduk santai disitu.

Dengan pemandangan yang sama dengan pantai Sanur namun dengan kelebihan jauh lebih sepi dan nyaman, tentunya membuat pantai Sindhu lebih disarankan bagi yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-temannya.


Fasilitas

Fasilitas di pantai Sindhu ini yang tidak boleh dilewatkan adalah Inna Sindhu Beach Hotel, salah satu hotel bersejarah di Denpasar yang terletak di tepi pantai Sindhu. Ada juga restoran maupun warung makan dengan berbagai jenis hidangan, minimarket, Art Shop, cafe, rental motor boat, spa serta tempat parkir.

Terdapat juga lintasan buat jogging di tepian pantai. Jogging track ini cukup panjang, menghubungkan beberapa pantai di deretan pantai Sanur. Jogging track ini banyak melalui pepohonan, sehingga lebih sejuk untuk berolahraga disaat terik matahari. Fasilitas lainnya adalah gazebo seperti yang telah dijelaskan diatas. Ada sekitar 4 gazebo yang dapat ditemukan di pantai ini. Bagi yang ingin berjemur, banyak tersedia tempat berjemur di pantai ini dengan tarif penggunaan Rp. 50.000,00.

Tarif/Retribusi

Untuk masuk ke Pantai Sindhu tidak perlu perlu membayar tiket masuk atau semacamnya, kecuali karcis parkir. Saat ke Pantai Sindhu ini (Oktober 2015) tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 1000/motor dan Rp. 3000/mobil. Sedangkan untuk keperluan lainnya bisa menyiapkan dana untuk menyewa kano, boat, menyewa tempat duduk/berjemur setiap jamnya, perlengkapan snorkeling, sepeda dan sebagainya.

Inna Sindhu Beach Hotel

Berbicara mengenai pantai Sindhu, tidak boleh melewatkan keberadaan hotel bersejarah di Sanur ini, yaitu Inna Sindhu Beach Hotel. Hotel ini merupakan salah satu hotel yang merupakan bekas milik Belanda di pulau Bali. Keistimewaan tersebut membuat hotel ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para tamunya untuk datang menginap di hotel bintang 3 ini.

Daftar Hotel atau Penginapan dekat Pantai Sindhu

Hotel atau penginapan dekat pantai Sindhu yang paling terkenal adalah Inna Sindhu Beach Hotel yang telah diulas diatas. Namun masih ada lagi beberapa hotel atau penginapan lainnya yang dekat dengan Pantai Sindhu. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar hotel maupun penginapan dekat Pantai Sindhu Sanur tersebut:
  1. Inna Sindhu Beach Hotel
  2. Segara Village Hotel
  3. Villa Mahapala
  4. Aquarius Beach Hotel
  5. Little Pond
  6. Kejora Suites
  7. Ajanta Villas
  8. Respati Beach Hotel
  9. Besakih Beach Hotel
  10. Dampati Villas

Eksplorasi Pantai di Denpasar: #2 Pantai Sindhu

Melanjutkan kembali tulisan bagian pertama tentang Eksplorasi Pantai di Denpasar yang masih bersambung setelah keluar dari pantai Segara Ayu. Pengalaman saya mengeksplorasi pantai Sindhu merupakan salah satu bagian dari rangkaian eksplorasi 4 pantai di Denpasar yang terletak saling berjejeran yaitu Pantai Matahari Terbit, Pantai Sanur, Pantai Segara Ayu dan Pantai Sindhu. Pantai Sindhu merupakan pantai kedua yang saya kunjungi setelah pantai Segara Ayu.

Saya benar-benar bingung waktu itu, mana sebenarnya yang merupakan pantai Sanur. Ada penunjuk jalan yang menunjukkan bahwa pantai Segara Ayu merupakan Pantai Sanur, ada juga yang menunjukkan pantai Sindhu merupakan pantai Sanur. Bahkan peta di google maps menuntun saya menuju ke Pantai Segara Ayu. Tanya pada warga sekitar, malah semakin membingungkan, ada yang menunjuk ke pantai Sindhu namun ada juga yang menunjuk benar ke arah utara dari pantai Segara Ayu.

Saya baru menyadari bahwa Sanur juga merupakan nama kelurahan serta nama kawasan wisata (Kelurahan Sanur, Sanur Kauh dan Sanur Kaja), mungkin itulah sebabnya saat saya menanyakan lokasi pantai Sanur ada yang menunjukkan dengan tepat lokasi pantai Sanur (nama pantai), ada juga yang merujuk pada Sanur sebagai kelurahan, yang artinya semua pantai yang terletak di kelurahan Sanur disebut pantai Sanur. Bagi yang lebih memahami soal ini mohon penjelasannya melalui kolom komentar di bawah yah :D

Biar tidak tambah bingung, lebih baik mengunjungi satu per satu setiap pantai yang berderatan ini untuk memastikan dimana sebenarnya pantai Sanur yang populer itu. Jadi kunjungan ke pantai Sindhu ini juga murni akibat kebetulan semata, sama sekali tidak direncanakan sebelumnya :D

Setelah puas memotret segala sesuatu yang menarik di pantai Segara Ayu, saya tidak terus berjalan ke arah selatan untuk menuju pantai Sindhu ini, namun masih mengambil kembali sepeda motor sebelum kemudian pergi ke arah selatan untuk melihat lokasi-lokasi menarik lainnya. Namun setelah tiba di pantai Sindhu, saya baru sadar bahwa waktu di Pantai Segara Ayu tadi saya hampir berjalan sampai disini :D

Ya sudahlah, bayar parkir lagi, namun kali ini cuma Rp. 1000, beda dengan di Pantai Segara Ayu yang Rp. 2000 sekali parkir untuk kendaraan roda 2. Kembali jalan-jalan lagi di tepi pantai, kali ini terlihat lebih sepi dibandingkan Segara Ayu. Hanya terlihat 2 orang turis yang sedang berjemur, beberapa sedang nongkrong di gazebo, ada yang sedang mengubur dirinya dalam pasir, ada yang sedang tiduran di pasir sambil sibuk dengan smartphonenya, ada anak kecil yang bermain layangan, ada yang sedang sibuk foto-foto dan masih ada beberapa lagi pengunjung lainnya dengan aktivitasnya masing-masing.

Saya cuma sebentar saja mengambil foto pemandangan maupun aktivitas di pantai Sindhu. Menyadari tidak lama lagi matahari akan terbenam, saya segera bergegas keluar dari pantai ini yang tentunya tidak akan mendapat pemandangan sunset yang indah oleh karena merupakan pantai yang menghadap ke arah timur.

Rencananya saat itu mau kembali ke pantai Jimbaran untuk berburu sunset, namun karena terlalu lama di pantai Sindhu, matahari sudah keburu terbenam saat perjalanan baru melewati jalan tol Bali Mandara. Pemandangan sunset dari jalan tol ini termasuk cukup indah, tapi jangan pernah berpikir untuk foto pemandangan ini sambil berkendara ataupun menghentikan kendaraan, karena ini di jalan tol. Taatilah peraturan lalu lintas :D

Itu saja sih pengalaman di pantai Sindhu, tidak banyak yang dapat dieksplorasi oleh saya waktu itu oleh karena keterbatasan waktu. Besok hari, tepatnya saat pagi hari saya memutuskan untuk kembali lagi ke pantai-pantai di kecamatan Denpasar Selatan ini, namun yang akan saya datangi adalah spot pantai Matahari Terbit dan Pantai Sanur yang terletak berdampingan seperti pantai Segara Ayu dan pantai Sindhu ini. Kelanjutan cerita perjalanan Eksplorasi Pantai di Denpasar ini masih bersambung ke #3 Pantai Matahari Terbit dan #4 Pantai Sanur. Selengkapnya mengenai tulisan saya tentang eksplorasi pantai di Denpasar selain Pantai Sindhu adalah sebagai berikut:

Koleksi foto pantai Sindhu Denpasar - Bali di blog nnoart ini bisa lihat di bawah ini.

Koleksi Foto nnoart di Pantai Sindhu Sanur Denpasar


A photo posted by nnoart (@nnoart) on









Keterangan foto:
Waktu: 30 Oktober 2015
Lokasi: Pantai Sindhu, Sanur, Denpasar, Bali


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment