. . .
Investasi Rumah Villa di Kota Batu Malang - Exotic Panderman Hill
Pesan hotel via Agoda? KLIK DISINI
Pesan hotel, tiket pesawat, kereta api, tiket tempat wisata atau sewa mobil via Tiket.Com? KLIK DISINI
Tiket tempat wisata dan watersport di Bali? KLIK DISINI

Saturday, March 26, 2016

Eksplorasi Pantai Matahari Terbit di Sanur - Denpasar




Pantai Matahari Terbit - Sanur - Pantai dapat dikatakan sebagai daya tarik utama Bali yang membuat provinsi ini selalu didatangi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Banyak pantai di Bali yang namanya telah mendunia, sebut saja pantai Kuta, Sanur, Lovina serta yang baru terkenal beberapa tahun terakhir yaitu pantai Pandawa. Setiap pantai di Bali memiliki keunikan serta daya tariknya sendiri. Misalnya di pantai Kuta turis datang untuk berselancar, berbeda di pantai Sanur dimana air lautnya sangat tenang sehingga lebih cocok untuk menyelam. Ada pantai yang cocok untuk melihat pemandangan sunrise seperti di Pantai Sanur, ada juga yang cocok melihat sunset seperti di pantai Kuta, pantai Jimbaran atau pantai Jerman. Masing-masing pantai berlomba-lomba menawarkan daya tariknya masing-masing, baik itu yang sudah ada sejak awal (alami) maupun dengan campur tangan manusia.

Berbicara mengenai pantai yang tepat untuk melihat sunrise, ada sebuah pantai yang terletak dalam deretan yang sama dengan Pantai Sanur dan Pantai Sindhu di Sanur, Denpasar, yaitu Pantai Matahari Terbit. Memang semua pantai timur di Bali khususnya di kawasan Sanur merupakan tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit, namun hanya inilah pantai yang dinamakan Matahari Terbit. Dinamakan demikian oleh karena dianggap dapat terlebih dahulu melihat matahari terbit. Pantai Matahari Terbit ini terletak tepat disebelah utara dari pantai Sanur.

Ulasan saya kali ini merupakan lanjutan ulasan mengenai pantai-pantai wisata di kawasan Sanur, Denpasar, yang telah dimulai dengan pantai Segara Ayu dan pantai Sindhu.  Kali ini merupakan bagian ketiga yang mengulas khusus mengenai pantai Matahari Terbit. Ulasan terakhir setelah pantai Matahari Terbit adalah pantai Sanur, yang merupakan pantai paling populer di kota Denpasar, bahkan termasuk dalam 3 besar pantai terpopuler di Bali.

Lokasi

Pantai Matahari Terbit terletak di Jalan Matahari Terbit, desa Sanur Kaja, kawasan wisata Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan. Lokasi pantai ini dari pusat kota Denpasar adalah 6 km, yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 15 menit perjalanan. Jika perjalanan dilakukan dari arah Bandara Ngurah Rai, kurang lebih membutuhkan 30 – 40 menit perjalanan untuk dapat tiba di salah satu tempat wisata pantai di Bali ini.

Pantai ini berbatasan langsung dengan pantai Sanur, oleh sebab itu kita bisa mengikuti petunjuk jalan menuju pantai Sanur yang biasanya banyak ditemukan di sepanjang jalan baik itu di jalan Tol Bali Mandara maupun jalan By Pass Ngurah Rai. Setelah tiba di kawasan Sanur, cari Jalan Matahari Terbit, dan ikuti jalan itu. Jika kesulitan menemukan jalan ini, bisa dengan mencari KFC Sanur, lokasi jalan Matahari Terbit tidak jauh dari tempat itu.

Daya Tarik Wisata

Sesuai dengan namanya, Pantai Matahari Terbit tentunya menjadikan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang indah kepada pengunjungnya sebagai daya tarik utama. Pengunjung yang mengetahui nama dari pantai ini tentunya akan langsung menyadari bahwa di pantai ini mereka bisa menyaksikan sunrise, berbeda dengan pantai lainnya dimana pengunjung masih harus memastikannya dulu dengan peta, bertanya pada orang lain atau mengecek langsung apakah menghadap ke arah timur atau tidak.

Pada pagi hari sebelum pukul 6, biasanya ada banyak pengunjung yang mendatangi pantai ini hanya untuk melihat pemandangan matahari terbit diatas lautan yang jernih dan deretan perahu-perahu nelayan warna-warni yang banyak berlabuh di tepian pantai. Ada juga diantara pengunjung yang datang untuk mengambil foto sunrise, sarapan pagi di tepian pantai, duduk santai di gazebo yang ada atau jogging pagi hari.

Pantai Matahari Terbit Sanur terletak di Desa Sanur Kaja, Denpasar Selatan, tepat disebelah utara Pantai Sanur. Pantai ini memiliki panorama yang begitu indahnya. Pantai Matahari Terbit dan Pantai Sanur berada dalam garis pantai yang sama dan berbatasan secara langsung. Walaupun berbatasan langsung dengan objek wisata Pantai Sanur, pantai ini cukup berbeda di wilayah daratnya, oleh karena pasir pantai yang berwarna hitam berkilauan dan sangat mencolok apabila dibandingkan dengan pantai Sanur di sebelahnya pasirnya terlihat putih. Selain itu area pasir di pantai ini juga sangat sedikit, lebih didominasi oleh batu karang yang disusun sedemikian rupa untuk menahan hantaman ombak, sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi. Walaupun begitu, air laut di pantai ini cukup tenang, seperti pantai-pantai lainnya di kawasan Sanur (pantai Sanur, Sindhu, Mertasari, Segara Ayu dsb), sehingga lebih cocok untuk berenang di pantai Matahari Terbit Bali ini.

Selain bersantai menikmati pemandangan serta berenang, di pantai ini juga jadi tempat yang cocok untuk memancing ikan. Pada sore hari di salah satu pantai sunrise di Bali ini akan banyak terlihat pengunjung yang datang untuk sekedar memancing ikan di pantai ini.

Pantai Matahari Terbit juga menjadi titik penyeberangan untuk ke pulau Nusa Lembongan atau Nusa Penida yang dapat terlihat dari pantai ini. Banyaknya pengunjung yang ingin menyeberang ke Nusa Penida dan Lembongan ini menjadi salah satu penyebab ramainya pantai ini di pagi hari selain oleh pengunjung yang ingin melihat sunrise. Di pantai ini tersedia jukung (kapal kecil) serta fast boat yang bisa digunakan menuju dua pulau di sebelah tenggara pulau Bali ini.

Saat akhir tahun (November hingga Desember), pantai Matahari Terbit Sanur cenderung memiliki ombak paling tenang dari waktu-waktu yang lain. Ini merupakan waktu terbaik bagi yang ingin datang untuk bermain-main air laut disini.

Pada saat-saat tertentu, pengunjung juga dapat menyaksikan budaya Melarung yang merupakan upacara dimana umat Hindhu Bali melarung sesajian di laut. Banyak pengunjung dari luar Bali atau wisatawan mancanegara yang merasa beruntung jika datang ke salah satu pantai di Denpasar ini saat ada upacara melarung di pantai ini.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai Matahari Terbit Denpasar diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Halaman parkir yang luas;
  • Jogging track yang juga dapat digunakan untuk bersepeda;
  • Jukung (kapal kecil) dan fast boat untuk disewa menuju pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida;
  • Hotel berbintang atau penginapan;
  • Kafe;
  • Restoran;
  • Toilet umum;
  • Pendopo/gazebo;
  • Warung makan-minum;
  • Tempat penyewaan sepeda;

Hotel Dekat Pantai Matahari Terbit – Sanur

Hotel dekat Pantai Matahari Terbit di Sanur, Denpasar, ada cukup banyak. Salah satu diantara hotel-hotel itu yang sudah sangat terkenal adalah Inna Grand Bali Beach yang terletak kurang lebih 700 meter dari pantai Matahari Terbit. Untuk hotel-hotel dekat Pantai Matahari Terbit, inilah daftarnya:
  • Mentari Sanur Hotel;
  • Agung and Sue Watering Hotel I;
  • Diwangkara Beach Hotel & Resort;
  • Two Lizards Beach Villas;
  • Sanur Paradise Plaza Hotel;
  • Puri Dalem Hotel;
  • Inna Grand Bali Beach;
  • Sri Phala Resort & Villa;
  • Merpati Studios;
  • Alia Home;
  • Villa Sakura;
  • Villa Bamboo;
  • Villa Lotus Sanur;
  • Ananda Beach Hotel; dan
  • Alit Beach Resort & Villas

Kuliner

Di trotoar Pantai Matahari Terbit terdapat warung-warung makan yang menjual sate ikan marlin, dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 10.000 untuk sepuluh tusuk sate. Makan sate dan ketupat di tepi pantai sambil menikmati keindahan pemandangan adalah salah satu hal favorit yang dilakukan oleh pengunjung Pantai Matahari Terbit Sanur ini. Selain sate ikan marlin, ada juga yang menjual jagung bakar, lumpia serta pepes ikan laut yang selalu dicari-cari pengunjung.

Selain itu terdapat warung yang sangat populer di kalangan traveler yang terletak di jalan Hang Tuah, yaitu warung Mak Beng. Warung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berwisata di pantai Sanur serta Matahari Terbit. Nasi – ikan goreng – soup menjadi menu utama di warung Mak Beng Sanur ini. Dengan Rp. 34.000 pengunjung sudah dapat menikmati satu porsi makanan itu.

Tarif

Pantai Matahari Terbit tidak memberlakukan tiket masuk, namun perlu untuk membayar karcis parkir. Jika datang dengan berjalan kaki atau bersepeda, bisa masuk ke pantai ini dengan gratis. Berikut ini adalah tarif parkir maupun apa saja yang dapat disewakan di pantai Matahari Terbit ini (info Oktober 2015):
  • Parkir sepeda motor: Rp. 2000/sepeda motor;
  • Parkir mobil: Rp. 3000/mobil;
  • Sewa sepeda: Rp. 5000 per sepeda per jam (Rp. 10.000 untuk dua jam). Sewa lebih dari 3 jam ada biaya khusus yang lebih murah. Syarat menyewa sepeda perlu untuk meninggalkan kartu identitas;
  • Penyewaan jukung dan fast boat (ke Nusa Lembongan, Nusa Penida dan Nusa Ceningan)
    • Jukung
      • Rp. 50.000 (turis domestik)
      • Rp. 100.000 (turis mancanegara)
    • Fast boat
      • Rp. 75.000/orang (turis domestik)
      • Rp. 175.000/orang (turis mancanegara)

Eksplorasi Pantai di Denpasar: #3 Pantai Matahari Terbit

Melanjutkan kembali catatan perjalanan Eksplorasi Pantai di Denpasar yang sebelumnya sudah jalan-jalan ke pantai Segara Ayu dan Pantai Sindhu pada 30 Oktober 2015. Perjalanan ke Pantai Matahari Terbit dan Pantai Sanur dilakukan keesokan harinya pada 31 Oktober 2015.

Setelah pulang dari pantai Sindhu, saya masih mau kembali ke pantai Jimbaran untuk berburu sunset, namun agak terlambat, sudah keburu gelap setibanya di pantai ini. Di pantai ini saya menghubungi kerabat saya yang sudah lama tinggal di Bali, Dovan namanya. Ternyata tempat tinggalnya di Denpasar, tidak tahu nama tempatnya apa, tapi dekat SMAN 5 Denpasar, waktu itu lewat daerah Sesetan. Terpaksa kembali lagi ke arah Denpasar untuk tidur malam itu. :D

Sabtu, 31 Oktober 2015, setelah bangun pukul 5 pagi, saya meminta Dovan untuk mengantar ke pantai Sanur, kebetulan dia baru masuk kerja pukul 08.00. Perjalanan pagi buta, masih sangat sepi di jalanan baik itu di lingkungan tempat tinggal Dovan sampai saat keluar di jalan utama By Pass Ngurah Rai. Kurang lebih 10 menit perjalanan akhirnya sampai juga. Kami masuk melalui jalan Hang Tuah, katanya Dovan, biar lebih gampang mau ke Pantai Sanur atau Pantai Matahari Terbit, karena batas antara dua pantai ini terletak diujung jalan ini.

Sekitar pukul 05:15, halaman parkir masih sepi waktu itu, petugas parkir belum ada, pengunjung juga sepertinya masih sangat sepi, suasana juga masih cukup gelap di pantai yang sedang surut ini. Sayang sekali tidak membawa tripod waktu itu, jadi belum bisa memulai foto dengan maksimal saat masih gelap.

Pertama-tama kami nongkrong sebentar di gazebo perbatasan pantai Matahari Terbit dan pantai Sanur, sambil menanti terbitnya matahari. Terlihat banyak fast boat maupun jukung di tepian pantai dan belum ada satupun yang memulai pelayaran ke arah Nusa Lembongan atau Penida. Keberangkatan paling pagi diantara jam 8 – 9, jadi kalau ada yang ingin ke 3 Nusa terkenal Bali itu di pagi hari, datanglah sebelum jam 8.

Jalan-jalan santai di atas batu karang pantai Matahari Terbit dan mulai memotret ke arah gazebo yang perlahan demi perlahan mulai didatangi pengunjung yang ingin berburu momen sunrise. Beberapa pengunjung sibuk bercerita dengan teman jalannya, ada yang sibuk foto-foto selfie ada juga yang sekedar memotret pemandangan. Di jogging track yang ada, terlihat beberapa pengunjung memulai aktivitas lari paginya. Pengunjung lokal paling banyak terlihat pagi itu, kalaupun ada wisatawan mancanegara, kebanyakannya adalah wisatawan dari asia.

Tidak banyak yang saya lakukan di pantai Matahari Terbit ini, karena memang niat awal datang hanya untuk berburu sunrise di pantai Sanur di sebelahnya. Lagipula ada awan besar yang menutupi langit tepat di timur sana, sehingga momen matahari terbitnya agak tertunda.

Kami mulai berjalan ke sisi sebelah selatan dari gazebo itu untuk menuju pantai Sanur. Matahari baru terlihat ketika kami di pantai Sanur. Pengalaman serta foto-fotonya nanti bisa dilihat di postingan berikutnya mengenai pantai Sanur. Setelah puas foto di Pantai Sanur, barulah kembali lagi ke pantai Matahari Terbit sebelum ke parkiran. Karena kebetulan mataharinya masih belum terlalu tinggi, jadi bisa mendapat foto-foto yang bagus di pantai Matahari Terbit ini.

Untuk pengalaman eksplorasi pantai Sanur, nantikan tulisannya setelah tulisan ini, baca di sub-judul: Eksplorasi Pantai di Denpasar: #4 Pantai Sanur. Atau lebih jelasnya bisa dilihat daftarnya mulai dari pantai pertama hingga pantai terakhir tanpa Pantai Matahari Terbit berikut ini:

Sedangkan untuk foto-foto di pantai Matahari Terbit dalam blog nnoart bisa langsung dilihat di bawah ini.

Koleksi Foto nnoart di Pantai Matahari Terbit


A photo posted by nnoart (@nnoart) on


Pengunjung berfoto dengan latar gazebo pantai Matahari Terbit - Sanur

Siluet pengunjung di gazebo pantai Matahari Terbit

Matahari nampak masih malu-malu menampakkan dirinya

Sunrise di Pantai Matahari Terbit

Foto sunrise lainnya di Pantai Matahari Terbit

Aktivitas pengunjung saat sunrise di Pantai Matahari Terbit

Keterangan foto:
Lokasi: Pantai Matahari Terbit, Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, Bali
Waktu: 31 Oktober 2015


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment