. . .

Thursday, January 21, 2016

Dolok-Oan Beach, Pantai Berpasir Putih di Timor Leste




Jika kita berada di puncak bukit Fatucama tempat patung Cristo Rei berada, maka kita bisa melihat ke arah timur (seperti foto diatas) ada pantai dengan hamparan pasir putih, pepohonan serta dikelilingi oleh bukit. Pantai itu adalah Dolok Oan beach, pantai berpasir putih yang memiliki karakter tidak jauh berbeda dengan Areia Branca beach.

Soal karakter pantai Dolok Oan ini, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tidak jauh berbeda dengan Areia Branca beach yang sudah pernah diulas DISINI sebelumnya, yaitu pasir pantai yang berwarna putih dan lembut, air laut yang jernih sehingga sangat cocok untuk snorkeling dan diving serta ombak yang bersahabat.

Perbedaan mencolok antara Dolok Oan dan Areia Branca beach adalah belum ada fasilitas wisata yang dibangun di pantai Dolok Oan sama sekali. Oleh karena belum adanya pembangunan fisik, Dolok Oan beach masih terlihat alami hingga sekarang. Akan tetapi dari kabar yang beredar, tidak lama lagi Dolok Oan beach akan dikelola oleh perusahaan tertentu, yang artinya fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan wisata di Dolok Oan mungkin akan dibangun dalam waktu dekat.

Oleh karena jarak yang lebih jauh serta belum tersedianya fasilitas wisata, Dolok Oan tidak lebih ramai dari Areia Branca beach, sehingga jika ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga saat berlibur di Dili - Timor Leste, Dolok Oan beach adalah tempat yang saya rekomendasikan.

Lokasi dari pantai Dolok Oan berada di Metinaro sub-district, Dili district, yang berada di sebelah timur kota Dili, kurang lebih 10 – 20 menit perjalanan dari pusat kota. Akses menuju pantai Dolok Oan ini ada 2 cara,  yaitu dengan mengikut jalan menuju Hera atau dengan berjalan turun dari tangga yang terdapat di dekat puncak patung Cristo Rei.

Cara pertama, sebelum memasuki Areia Branca beach, maka akan ditemukan pertigaan. Kiri menuju Areia Branca beach dan Cristo Rei (ulasan tentang Cristo Rei klik disini), kanan akan menuju Hera dan Dolok Oan beach. Pilihlah jalan sebelah kanan jika ingin ke Dolok Oan. Sebenarnya dulu ada jalan penghubung antara Areia Branca beach dan Dolok Oan beach yang melalui kaki bukit Fatucama tempat patung Cristo Rei berdiri. Namun jalan tersebut sering rusak/putus oleh karena selalu terkena hantaman ombak yang besar disitu, sehingga saat ini tidak dapat melalui jalan tersebut lagi.

Cara kedua untuk menuju Dolok Oan beach adalah dengan berjalan kaki menaiki anak tangga menuju patung Cristo Rei. Saat mencapai stasi ke XIV (angka tersebut bisa dilihat dari setiap panggung yang ditemukan sepanjang perjalanan menelusuri tangga menuju puncak), ada tangga menurun di sebelah kanan menuju ke Dolok Oan beach. Dolok Oan beach dapat dicapai dalam waktu 5 menit dengan berjalan turun mengikuti tangga tersebut. Ingatlah ketika anda akan pulang dari Dolok Oan beach, anda harus mendaki lagi melalui tangga tersebut untuk dapat menuju ke area Cristo Rei tempat kendaraan diparkir sebelumnya, kecuali sudah ada jemputan langsung di Dolok Oan.

Berikut ini ada foto-foto di Dolok Oan beach hasil jepretan bulan Januari 2015, yang sangat disayangkan sangat sedikit foto pemandangan/landscapenya :D. Bagian dari Dolok Oan beach yang paling populer adalah yang dapat terlihat Patung Cristo Rei di sebelah barat pantainya. Namun karena spot pantai yang itu lebih ramai dari biasanya pada saat kunjungan saya dan keluarga, kami memilih spot di seberang bukit, sehingga pada foto-foto di bawah ini tidak terlihat Patung Cristo Rei dari pantai Dolok Oan. Berikut ini adalah koleksi foto www.nnoart.com di Dolok Oan beach – Timor Leste.

Koleksi foto nnoart di Dolok Oan Beach – Timor Leste


Pemandangan yang terlihat dalam perjalanan menuju Dolok Oan beach

Dolok Oan beach, Timor Leste

Bermain-main di tepian pantai Dolok Oan

Berolahraga di tepian pantai Dolok Oan

Bawa bekal makan sendiri ke pantai Dolok Oan
Keterangan foto:
Lokasi: Dolok-Oan Beach, Dili District, Timor Leste
Waktu: 1 Januari 2015


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment