. . .

Saturday, November 07, 2015

Pantai Balekambang, Tanah Lot di Tanah Jawa



Pantai Balekambang di Malang terkenal akan keindahan pulau Ismoyo dan Pura Amarta Jati yang ada di dalamnya. Dengan adanya pulau dan pura yang terhubung oleh jembatan itu, Pantai Balekambang terlihat seperti Tanah Lot di Bali.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai indah di Kabupaten Malang yang menyerupai pantai Tanah Lot di Bali. Lokasi Pantai Balekambang berada di Kecamatan Bantur, tepatnya di Desa Srigonco. Jarak pantai ini dari pusat kota Malang kurang lebih 60 kilometer.

Pantai Balekambang merupakan pantai pesisir selatan pulau Jawa yang artinya pantai ini terletak di tepi Samudera Indonesia. Berada di tepi samudera membuat ombak di Pantai ini cukup besar bahkan bisa sangat panjang mencapai 2 kilometer. Dengan hamparan pasir yang luas, laut yang bersih serta adanya pulau dengan pura di dalamnya (Pulau Ismoyo dan Pura Amarta Jati), membuat panorama pantai Balekambang Malang ini sangat indah.

Dengan adanya pura tersebut, membuat pantai Balekambang selain sebagai tempat wisata alam, juga sebagai tempat wisata religi. Hal tersebut karena pada hari-hari tertentu, banyak pengunjung datang untuk melakukan ritual agamanya. Umat islam datang untuk berziarah di makam Syaikh Abdul Jalil, sedangkan umat Hindu beribadah di Pura Amarta Jati  dalam pulau Ismoyo pada hari raya Nyepi dan hari keagamaan lainnya.

Saat ini Pantai Balekambang Malang semakin banyak menyediakan fasilitas bagi kepuasan pengunjung. Flying Fox merupakan salah satu fasilitas yang baru disediakan sejak tahun 2012, sedangkan dalam waktu dekat akan ada tempat penyewaan ATV. Selain kedua fasilitas tersebut, sebelumnya sudah ada banyak fasilitas seperti patung hewan, ayunan, penginapan, tempat perbelanjaan dan sebagainya.

Di sebelah barat pantai Balekambang Malang,  juga ada pantai Jembatan Panjang dengan panorama jembatan rusak dari tepi pantai ke pulau Anoman yang juga tidak kalah indahnya. Foto-foto nnoart di Pantai Balekambang Malang dapat langsung dilihat di bawah ini.

Koleksi foto nnoart di Pantai Balekambang Malang


A photo posted by nnoart (@nnoart) on

A photo posted by nnoart (@nnoart) on

pantai, pulau, pura dan jembatan menjadi ciri khas dari Pantai Balekambang.
Pulau Ismoyo ini terhubung dengan sebuah jembatan dari pantai Balekambang

Tidak ada yang dapat menyangkal keindahan pantai Balekambang, yang merupakan pantai favorit bagi wisatawan lokal yang datang ke Malang.
Di Pantai Balekambang, pulau inilah yang menjadi ikonnya

Saat air laut surut, Pantai Balekambang masih tetap terlihat indah.
Pemandangan pantai Balekambang dengan Pulau Ismoyo dan Pura Amarta Jati saat laut surut

Berjalan beberapa ratus meter ke arah barat dari Pulau Ismoyo (pantai Balekambang) dapat ditemukan pantai lainnya yang disebut pantai Jembatan Panjang. Di pantai ini terdapat jembatan rusak yang mengarah ke pulau Anoman.
Pantai Jembatan Panjang dan Pulau Anoman di sebelah barat Pantai Balekambang juga tidak kalah indahnya

Bersenang-senang bersama keluarga di Pantai Balekambang sangat direkomendasikan
Saat air laut surut, bermain air laut akan menyenangkan

Bermain pasir, mandi air laut saat surut, menangkap ikan atau udang di Pantai Balekambang sungguh mengasyikkan.
Sangat disarankan berakhir pekan di pantai Balekambang Malang bersama keluarga

Di Pantai Balekambang saat ini sudah ada sarana flying fox. Anda bisa meluncur dari pulau Ismoyo menuju pantai melewati atas air laut.
Sensasi meluncur dengan flying fox dari pulau Ismoyo hingga tepian pantai Balekambang

Spot foto menarik saat laut surut di Pantai Jembatan Panjang

Keterangan:
Lokasi: Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Waktu: September 2014


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment